Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, Desa Ubung Kaja memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Desa Ubung Kaja mengelola website, termasuk media sosial, sebagai saluran publikasi desa kegiatan desa. Terobosan ini membuat Desa Ubung Kaja mampu memelopori tradisi tertib administrasi dan pelayanan prima di Kota Denpasar.

Desa Ubung Kaja terletak di Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali. Media online utama yang dimanfaatkan desa adalah website desa dengan alamat https://ubungkaja.denpasarkota.go.id/ yang berisikan informasi tentang lembaga, kegiatan, hingga transparansi anggaran.

Pada 2015, Desa Ubung Kaja sudah memanfaatkan Facebook dan pada 2016 desa ini mengelola akun @ubungkaja di Instagram. Sejak itu, seluruh informasi dan kegiatan yang akan dilakukan dan yang telah dilakukan oleh pemerintah desa diunggah melalui platform online.

Aparat desa aktif mengunggah foto-foto atau video kegiatan atau informasi seputar Desa Ubung Kaja setiap hari. Ada tiga skema publikasi kegiatan desa melalui media sosial. Pertama, pemerintah desa selalu menyebarluaskan surat edaran atau informasi lain dari pemerintah supradesa di media sosial. Semua surat masuk akan diperiksa oleh kepala desa, selanjutnya dibuat disposisi, baru kemudian surat edaran di umumkan melalui platform online.

Kedua, kegiatan-kegiatan yang dibiayai oleh APBDes harus diumumkan kepada masyarakat melalui media online, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan hasil kegiatan.

Ketiga, pemerintah desa membuat kelompok (group) di aplikasi Whatsapp (WA) yang beranggotakan seluruh perangkat desa dan tokoh masyarakat. Lewat WAG ini, mereka saling berinteraksi dan bertukar informasi, baik peristiwa dan kegiatan. Informasi yang penting akan diunggah oleh staff bagian pelayanan umum dan IT melalui media online.

Untuk membangun komunikasi dua arah, masyarakat Desa Ubung Kaja memberikan feedback melalui comment (komentar) dari foto atau video yang diunggah. Masyarakat juga bis mengirimkan pesan melalui fasilitas inbox untuk menyampaikan kritik dan saran.

Akun-akun media sosial yang dimanfaatkan Desa Ubung Kaja memiliki followers cukup banyak. Interaksi antara pengelola dan follower cukup intens menunjukkan penyebaran informasi kegiatan desa dapat diterima oleh masyarakat desa.

Kesuksesan pemanfaatan TIK di Desa Ubung Kaja tak lepas dari peran kepala desa yang melek teknologi. Kepala Desa Ubung Kaja memiliki latar belakang pendidikan teknik sehingga mempengaruhi cara kerja para perangkat desa lainnya untuk menguasai teknologi informasi.

Pemanfaatan TIK di Desa Ubung Kaja patut dicontoh oleh desa-desa lain supaya partisipasi masyarakat pada pembangunan semakin meningkat, Masyarakat desa dapat mengetahui kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di desa, baik informasi anggaran, kebijakan, dan lain-lain.

%d blogger menyukai ini: