Nuansa asri, dengan udara segar membuat pengunjung membuat perjalanan letih pengunjung dapat terbayarkan, setelah melihat percikan dan gemuruh air terjun tiga tingkat dengan bebatuan besar, ditambah kicauan burung yang membangkitkan semangat wisata libur pengunjung.

Air terjun Kroya yang berada di Desa Talang Sebaris, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, Bengkulu. Destinasi wisata alam ini belum diketahui wisatawan karena minimnya publikasi dan akses jalan ke lokasi masih sangat terbatas.

Nama Inovasi Lokawisata Air Terjun Kroya
Pengelola Pemerintah Desa Talang Sebaris
Alamat Desa Talang Sebaris, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, Bengkulu

Untuk berkunjung ke Air terjun Kroya, dari pusat ibukota Kabupaten Seluma dapat ditempuh dengan jarak sekitar 40 Km. Para wisatawan luar daerah disarankan melalui ibukota Provinsi Bengkulu karena jarak tempuhnya lebih dekat yaitu sekitar 25 Km.

Air Terjun Kroya semakin tampak indah dilihat saat memasuki musim penghujan. Saat musim penghujan debit air besar dan kencang. Tak heran bila keberadaan air terjun di kabupaten Seluma hanya ramai di saat musim penghujan.

Pada 2005, Bupati Seluma telah menetapkan Air Terjun Kroya sebagai destinasi wisata yang patut dikembangkan. Lokasi air terjun Kroya yang berada di lokasi perkebunan warga sehingga urang sentuhan pembanguan sarana dan prasarana dari pemerintah daerah.

Sejak ada Dana Desa (DD), Pemerintah Desa Talang Sebaris bercita-cita mengangkat potensi Air Terjun Kroya menjadi salah satu aset unggulan desa. Pengelolaan wisata akan dilakukan oleh Karang Taruna sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat.