Dibentuk pada 2006, Desa Sumber Mulya terletak di Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, dengan penduduk yang saat ini berjumlah 982 orang. Letaknya yang jauh dari jalan raya dan diapit desa lainnya harus ditempuh dengan melewati jalan aspal, jalan batu koral, dan jalan yang masih berupa tanah merah.

Inilah yang menjadi alasan Kepala Desa Sumber Mulya, Markisdi, memutuskan untuk mengambil material meskipun Dana Desa belum diberikan. Menurutnya, jika sudah masuk musim hujan, bahan material akan sulit sampai ke Desa Sumber Mulya sehingga jadwal pembangunan bisa terhambat.

Di saat Dana Desa belum turun, Desa Sumber Mulya tetap melaksanakan pembangunan sesuai jadwal yang telah direncanakan. Cara Desa Sumber Mulya dalam mengatasi kondisi keuangan desa tergolong unik, yaitu dengan berutang ke toko bangunan untuk menyediakan material dan melaksanakan pembangunan infrastruktur yang telah dijadwalkan.

Para pemilik toko tidak berkeberatan materialnya diambil terlebih dahulu. Begitu juga dengan para warga desa yang rela jasanya dibayar kemudian hari.

Mereka percaya bahwa pembangunan desa yang akan dilakukan berdampak baik pada kehidupan mereka selanjutnya. Kepercayaan itu tidak timbul dengan sendirinya, tetapi karena adanya rasa kekeluargaan dan rasa senasib dan sepenanggungan mengingat semua warga desa merupakan transmigran swakarsa.

Sekitar tahun 1990-an,para transmigran datang mencari penghidupan di wilayah tersebut sebagai petani sawit. Itulah yang menumbuhkan rasa kebersamaan yang terpupuk hingga terbentuknya Desa Sumber Mulya.

Pembangunan itu akan dilakukan dengan sumber dana berupa kucuran Dana Desa dari APBN dan Alokasi Dana desa dari APBD. Pada 2017, jumlah Dana Desa adalah sebesar Rp 767 juta, sementara Alokasi Dana Desa (sebagai pendamping) sebesar Rp 361 juta. Total anggaran 2017 yang dikelola Desa Sumber Mulya adalah sebesar Rp 1.128,45 juta.

Dana inilah yang digunakan untuk melaksanakan pembangunan di desa Sumber Mulya tahun 2017. Pengelolaan Keuangan Desa Sumber Mulya dilakukan dengan sistem satu pintu. Administrasi keuangan desa dikerjakan oleh satu orang pegawai Pemerintah Desa sehingga seluruh arus masuk dan keluarnya kas desa dapat dipantau dengan baik.

Untuk pelaporan, Desa Sumber Mulya telah menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Laporan tersebut kemudian disampaikan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk dikonsolidasi.

Rencana pembangunan Desa Sumber Mulya pada tahun 2017 dimulai dari pengumpulan aspirasi dan kebutuhan warga yang dibahas dalam musyawarah dusun dan musyawarah desa untuk kemudian ditentukan prioritas pembangunan desa. Berdasarkan priotas pembangunan itu, Dana Desa tahun 2017 khususnya diperuntukkan dalam pembangunan infrastruktur desa.

Pembangunan di Desa Sumber Mulya juga dilakukan dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh warganya. Sebagai contoh, dalam perencanaan pembangunan gedung pertemuan, desain bangunan dibuat sendiri oleh kepala urusan pembangunan desa yang kebetulan adalah lulusan sekolah teknik, sehingga tidak memerlukan biaya jasa desain bangunan.

Langkah-langkah pembangunan yang dilakukan telah menuai hasil yang optimal. Desa yang memiliki jumlah penduduk 928 orang ini sudah dapat membangun jalan desa, gedung pertemuan desa, sarana MCK untuk PAUD, pagar pembatas makam dan sekolah, serta pembangunan Madrasah Diniyah Awaliyah.

Melihat dampak yang positif dari mengoptimalkan penggunaan Dana Desa untuk kepentingan bersama di Desa Sumber Mulya, diharapkan dapat memotivasi desa-desa lain di Kabupaten Mukomuko dalam membangun dan memajukan desanya.

Dengan adanya keterlibatan seluruh warga dan perangkat desa, serta berbagai pihak lainnya untuk ikut peduli, berperan aktif, dan adanya rasa saling percaya, diharapkan Dana Desa dapat menjadi stimulus untuk menggugah kebersamaan warga dalam membangun desa.

Kesukesan Desa Sumber Mulya dalam mengelola Dana Desa dibuahkan melalui keterlibatan segenap warga dan perangkat desa, serta berbagai pihak lain untuk ikut peduli, berperan aktif dengan rasa saling percaya untuk membangun desanya.

Tergugahnya kebersamaan warga dengan adanya stimulus Dana Desa yang dioptimalkan demi memajukan Desa Sumber Mulya sepatutnya dapat memotivasi semangat pembangunan desa-desa lainnya.

%d blogger menyukai ini: