Desa Sukamaju memiliki sumber daya alam, terutama tanaman bambu, yang cukup melimpah. Selama ini, bambu hanya dimanfaatkan untuk pagar dan bahan bangunan. Potongan-potongan bambu sisa bahan bangunan biasanya dibuang dan dibakar sehingga tidak memiliki nilai ekonomi. Untuk itu, Desa Sukamaju berinovasi memanfaatkan tanaman bambu sebagai bahan baku pembuatan kerajinan kaligrafi. Inovasi ini mampu meningkatkan nilai ekonomi dari tanaman bambu, termasuk mendongkrak penghasilan warga Desa Sukamaju.

Desa Sukamaju terletak di Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Desa Sukamaju memiliki penduduk 3.114 jiwa dengan luas wilayah 780 Ha. Desa ini memiliki areal pertanian yang sangat luas sehingga sumber perekonomian masyarakat banyak bergantung pada pertanian.

Nama Inovasi Kerajinan Kaligrafi Berbahan Baku Bambu
Pengelola Kelompok Pengrajin Kaligrafi Desa Sukamaju
Alamat Desa Sukamaju, Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran, Lampung
Kontak Firdaus (Ketua Kelompok)
Telepon 082371772015/085269934555

Untuk mengembangkan kerajinan kaligrafi berbahan bambu, Desa Sukamaju terkendala dengan minimnya pengetahuan masyarakat, terutama pemuda, tentang pembuatan kerajinan kaligrafi dari bahan bambu. Karena itu, mereka menyelenggarakan pelatihan pembuatan kaligrafi secara gratis kepada para pemuda. Usai pelatihan terbentuklah Kelompok Pengrajin Kaligrafi Desa Sukamaju.

Selain ketersediaan bahan baku, para pemuda di Desa Sukamaju banyak memiliki waktu luang yang belum dimanfaatkan secara produktif. Pelatihan kaligrafi merupakan kegiatan untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas generasi muda untuk mengembangkan produk unggulan desa dari potensi yang tersedia di desa.

Desa Sukamaju berharap adanya dukungan pemerintah daerah untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih luas.

%d blogger menyukai ini: