Buah mangga gedong gincu asal Kota Angin, sebutan Kabupaten Majalengka, merupakan varietas buah yang popular di kalangan penggemar buah mangga. Rasanya yang manis dan beraroma harum serta tampilan warna yang menarik ini menjadikan salah satu keistimewaan dan ciri khas.

Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka merupakan daerah yang banyak membudidayakan mangga gedong gincu. Peluang pemasaran mangga khas Majalengka itu juga terbuka lebar untuk pasar luar negeri.

Nama Inovasi Olahan Makanan Berbahan Baku Mangga Gedong Gincu
Pengelola Pemerintah Desa Sidamukti
Alamat Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat
Kontak Person Karwan (Kepala Desa Sidamukti)
Telepon +62-813-8153-4744

Para petani mangga gedong gincu menjual hasilnya hingga luar provinsi, bahkan ekspor ke Amerika dan Timur Tengah. Konsumen menyukai mangga gincu karena kualitasnya tidak kalah dengan buah dari negara lain.

Kini, masyarakat Desa Sidamukti juga mengolah mangga gedong gincu sebagai bahan dasar makanan, seperti pie mangga, es cream, kerupuk, nastar isi selai mangga, kue sistik mangga, roll cake mangga, strudel mangga, dan olahan puree.

Pemanfaatan mangga gedong gincu sebagai bahan baku makanan dapat menambah alternatif pasar dan menampung hasil panen yang tidak laku dijual karena rusak atau busuk.

Pengembangan aneka produk olahan makanan berbahan baku mangga Gedong Gincu melalui Program Village Tourisme Care and Development Desa Sidamukti. Budidaya dan pengolahan buah mangga mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

Komitmen dan kerja keras Pemerintah Desa Sidamukti mampu melahirkan beragam olahan mangga gedong gincu sebagai ikon oleh-oleh khas Majalengka.