Tugu Trikora menjadi situs bersejarah sebagai tugu peringatan peristiwa perebutan Irian Jaya ke pangkuan ibu pertiwi dengan dikibarkannya bendera merah putih di Desa Sekru pada tanggal 19 Desember 1961. Nama asal dari Desa Sekru tempo dulu adalah Mondow Kindik, yang merupakan nama pemberian dari 3 orang tua dari marga Biarpruga, Samai, dan Serkanasa di mana ketiganya adalah pemegang hak ulayat/tanah adat sekitar tahun 1800.

Dengan luas wilayah desa ± 186 km 2 , Desa Sekru termasuk dalam wilayah Kecamatan Pariwari, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat. Berjarak 1 km dari kantor kecamatan dan 3 km dari kantor kabupaten, Desa Sekru dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dari pusat kota dan 15 menit dari ibukota kabupaten.

Pada tahun 2017, pendapatan Desa Sekru sebesar Rp 1,357 miliar bersumber dari APBD 2017 (Alokasi Dana Desa) sebesar Rp 504,99 juta dan dari APBN 2017 (Dana Desa) sebesar Rp 852 juta. Seluruh penerimaan tersebut digunakan untuk membiayai kegiatan pada bidang-bidang dalam program pembangunan Desa Sekru tahun 2017, yang meliputi bidang penyelenggaraan pemerintah desa, bidang pelaksanaan pembangunan desa, dan bidang pembinaan kemasyarakatan.

Pembiayaan di bidang penyelenggaraan pemerintahan desa diperuntukkan antara lain untuk penghasilan dan insentif aparat pemerintah desa, pembangunan kantor Baperkam, pembangunan sarana dan prasarana kantor dan halaman balai desa, dan lain-lain.

Pembiayaan di bidang pelaksanaan pembangunan desa diperuntukkan antara lain untuk Pembangunan bak penampung air, pembangunan sarana mandi, cuci, dan kakus (MCK), renovasi tambahan perahu, pembangunan jalan setapak, pembangunan jalan lingkungan rabat beton, dan lain-lain.

Pembiayaan di bidang pembinaan kemasyarakatan diperuntukkan antara lain untuk pengadaan sarana dan prasarana olahraga, pembinaan kesenian masyarakat, pembinaan karang taruna, pelaksanaan lomba desa, dan lain-lain.

Pembiayaan di bidang pemberdayaan kemasyarakatan diperuntukkan antara lain untuk pelatihan linmas, pelatihan kepala desa dan aparat desa, pelatihan peningkatan keterampilan petani, nelayan, dan peternak, dan pelatihan kader posyandu.

Pemanfaatan Dana Desa telah memberikan hasil yang sangat luar biasa dalam meningkatkan perekonomian, kesejahteraan dan kegiatan sosial Desa Sekru. Keberhasilan pemanfaatan Dana Desa di Desa Sekru ditunjukkan melalui kepuasan masyarakat desa atas hasil penggunaan Dana Desa yang telah dapat dinikmati.

Dana Desa memberikan suntikan energi baru untuk pembangunan Desa Sekru dalam mencapai visi dan misi desa yang berkesinambungan. Saban Rumain, Kepala Desa Sekru, menyampaikan bahwa Dana Desa merupakan energi baru dalam pembangunan Desa Sekru, utamanya dengan semangat gotong royong dan perencanaan yang melibatkan seluruh komponen masyarakat. Dana Desa sangat terasa manfaatnya dalam pembangunan Desa Sekru.

Dana Desa terutama digunakan masyarakat Sekru dalam pemberian bantuan material dalam pembangunan rumah tinggal, pembangunan jalan, dan juga untuk honor guru, pembelian ATK, dan perlengkapan MCK di sekolah. Mekanisme ini terbukti cukup berhasil dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Berikut testimoni dari salah satu warga desa, Ibu Erni Mao yang mendapakan bantuan material.

“Sebelum ada Dana Desa, banyak terdapat satu rumah ditempati oleh tiga kepala keluarga. Namun, dengan bantuan Dana Desa, Alhamdulillah, masyarakat dapat membangun rumah lagi sendiri dengan bantuan papan, semen, dll. Jalan yang sebelumnya becek berlumpur sering terjadi kecelakaan sekarang sudah bagus dan aman untuk dilewati truk sekalipun. Dari Dana Desa juga bermanfaat untuk honor guru, ATK, serta MCK di sekolahan PAUD.”

Manfaat Dana Desa sangat dirasakan oleh warga masyarakat Desa Sekru. Ahad Biarpura, Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat, dalam pernyataannya menyatakan bahwa dengan mengikutsertakan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan Desa Sekru, efek Dana Desa sangat terasa oleh warga masyarakat Desa Sekru tidak hanya kemajuan pembangunan bidang fisik, dan tidak kalah pentingnya juga kemajuan bidang pendidikan dan kesehatan warga masyarakat Desa Sekru.”

Testimoni-testimoni positif dari masyarakat dan perangkat desa tersebut menunjukkan bahwa pemanfaatan Dana Desa di Desa Sekru membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Keberhasilan pemanfaatan Dana Desa tersebut tidak terlepas dari peran aktif segenap masyararakat dan perangkat desa dan hendaknya ditingkatkan demi pencapaian kemajuan Desa Sekru.

Kesuksesan Desa Sekru memanfaatkan Dana Desa ditunjukkan dari testimoni-testimoni positif dari masyarakat dan perangkat desa yang telah merasakan dan menyaksikan perubahan desa ke arah yang lebih baik. Keberhasilan pembangunan desa tidak terlepas dari peran aktif segenap masyararakat dan perangkat desa. Satu pelajaran dapat kita petik, bahwa pemanfaatan Dana Desa yang langsung menyasar kebutuhan masyarakat berdampak penting dalam mendorong peran aktif masyarakat mensukseskan pengelolaan Dana Desa.

%d blogger menyukai ini: