Desa Pitue merupakan salah satu desa dari 10 desa/kelurahan di wilayah Kecamatan Ma’rang. Desa Pitue masuk wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan, dengan luas wilayah ± 565 ha dan berjarak ± 17 km dari pusat pemerintahan.

Seperti kebanyakan desa yang berada di pesisir pantai dengan bentang alam yang datar dan memiliki ketinggian dua meter di atas permukaan laut, mata pencaharian sebagian besar warga Desa Pitue adalah petani tambak, nelayan dan budidaya rumput laut.

Selain itu ada juga yang bekerja sebagai pegawai, sektor jasa, peternak dan pedagang. Jumlah penduduk desa ini 3.016 jiwa terdiri dari laki-laki 1.409 jiwa dan perempuan 1.607 jiwa dan terbagi dalam 4 dusun yakni Dusun Pitue, Dusun Gusunge, Dusun Jennae dan Dusun Sabange.

Adapun total anggaran pendapatan desa Pitue sebesar 1,98 miliar berasal dari pendapatan asli desa yang bersumber dari pendapatan hasil usaha BUMDes sebesar 685,5 ribu, alokasi Dana Desa yang berasal dari APBD Kabupaten Pangkep sebesar 1,12 miliar lebih- atau sebesar 56,74% dan Dana Desa yang berasal dari APBN sekitar 857 juta rupiah – atau sebesar 43,23%.

Anggaran tersebut di alokasikan untuk Belanja Penyelenggaraan Pemerintahan Desa sebesar 635 juta atau sebesar 33%, Belanja Pemberdayaan Masyarakat sebesar 535 juta atau sebesar 28%, Belanja Pelaksanaan Pembangunan Desa sebesar 530 juta atau sebesar 27%, Belanja Pembinaan Kemasyarakatan sebesar 212 juta atau sebesar 11% dan Belanja Tak Terduga sebesar 20 juta atau sebesar 1%.

Realisasi Dana Desa di Bidang Pembangunan (infrastruktur) antara lain penambahan panjang talud dusun Jennae untuk menghindari longsornya pematang tambak masyarakat, Pembangunan jalan setapak Dusun Gusunge untuk memudahkan mobilisasi hasil tambak, pembangunan jalan setapak Kampung Padaelo untuk memudahkan transportasi serta menghubungkan dengan kampung lain, dan renovasi posyandu permanen yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dengan memberikan tempat pelayanan yang layak.

Desa Ada hal yang sangat menarik dari Desa Pitue yaitu sejak tahun 2015 didirikan Badan Usaha Milik Desa yang diberi nama BUMDes Mattuju. BUMDes ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan Pendapatan Asli Desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian desa.

Saat ini kegiatan-kegiatan yang dilakukan BUMDes Mattuju adalah kegiatan simpan pinjam masyarakat pesisir, jasa sewa kincir air tambak, industri pengolahan produk perikanan dengan Rumah Produk Cahaya Desa yang mengolah dan memasarkan hasil perikanan dan kelautan desa setempat.

Pelatihan pengolahan hasil perikanan kepada masyarakat dilakukan agar dapat meningkatkan keterampilan untuk mengelola hasil panen yang melimpah khususnya ikan bandeng, kepiting dan udang sehingga dapat meningkatkan nilai jual. Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan juga disertai dengan pengadaan kemasan hasil pengolahan.

Selain pelatihan pengolahan produk, Dana Desa juga digunakan untuk pelatihan budidaya rumput laut guna menambah pengetahuan masyarakat. Hasil budidaya dan olahan rumput laut ditampung dan dipasarkan oleh BUMDes Desa Pitue. Penyerahan Perahu Fiber sebagai tindak lanjut dari Pelatihan Rumput Laut dilaksanakan sebagai sarana untuk meningkatkan hasil budidaya rumput laut.

Keberhasilan Desa Pitue dalam mengelola Dana Desa dan Alokasi Dana Desa tentunya tidak lepas dari semangat dan kerja keras dari aparat perangkat desa. Tidak kalah pentingnya pula yakni partisipasi seluruh warga masyarakat desa dan juga bimbingan baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah setempat.

Semua kisah sukses Desa Pitue dalam mengelola Dana Desa merupakan bagian dari kisah yang ada dalam buku ini. Pembangunan yang berfokus pada BUMDes Mattuju, telah nyata menjadi katalisator kesejahteraan masyarakat desa. Berbagai kegiatan pelatihan dan kerja keras serta andil semua masyarakat menjadi kisah inspiratif bagi desa lain yang giat membangun bersama BUMDes-nya.

%d blogger menyukai ini: