Inovasi produk gula kelapa mampu mendongkrak harga jual semakin meningkat. Pemanfaatan Oven Rotary Blower mampu menghasilkan gula kristal kualitas tinggi pengrajin gula di Desa Panembangan memberikan contoh praktik inovasi teknologi yang menghasilkan produk unggulan desa kualitas ekspor.

Desa Panembangan berada di Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Para pengrajin gula kelapa di sana berhasil meningkatkan nilai produk dari gula kelapa cetak menjadi gula kelapa kristal (gula semut). Produk pangan yang mereka hasilkan sudah mendapatkan sertifikat organik sehingga sangat aman dikonsumsi publik.

Nama Inovasi Teknologi Oven Rotary Blower
Pengelola Pengrajin Gula Kelapa Desa Panembangan
Alamat Desa Panembangan, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Kontak Soleh, SP
Telepon +62-813-9125-9253

Pada segi harga, perubahan bentuk produk mampu meningkatkan harga jual gula kelapa. Harga untuk gula kelapa Cetak ada pada kisaran Rp 12.000 – Rp 13.500 per Kg, sedangkan gula kristal organik mencapay harga Rp 17.000 – Rp 25.000 perKg. Rentang harga sangat tergantung pada kualitas hasil akhir dan kemasan/label produk.

Untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi, para pengrajin gula kristal memanfaatkan teknologi berupa oven rotary blower. Teknologi ini berfungsi untuk menghilangkan kadar air dalam gula. Oven ini menggunakan sistem pengeringan menggunakan udara panas dari tungku yang disirkulasikan melalui blower penghembus udara. Oven ini menggunakan bahan bakar gas LPG.

Produk gula kristal yang baik memiliki kadar air hingga diangka 2 prosen. Proses pembuatan produk dilakukan secara homogen dan higienis. Gula kristal dari Desa Panembangan mampu menembus pasar internasional berkat dukungan teknologi pendukung yang memadai.

%d blogger menyukai ini: