Desa Ngrance terletak di Kecamatan Pakel, dengan jarak 15 KM dari Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, dengan luas 151 ribu ha. Salah satu bagian sejarah yang tertinggal di Desa Ngrance adalah saluran dan terowongan air Neyama (Gunung Selatan), sebuah terowongan yang dibangun dengan menembus gunung untuk mengalirkan kelebihan DAS Kali Brantas di daerah Tulungagung ke Samudera Hindia.

Secara Demografi Desa Ngrance terdiri dari Dusun Ngrance dan Dusun Ploso, dengan jumlah penduduk 2.324 Jiwa. Mata pencaharian terbesar dari penduduknya adalah buruh migran (TKI) dan sebagian lainnya buruh tani, pekerja swasta, PNS, perajin, polisi, berdagang dan beternak.

Pemerintah Desa Ngrance mendorong terselenggaranya musyawarah desa yang aspiratif dan partisipatif sehingga dapat menghasilkan pemufakatan bersama. Salah satu keputusan tersebut adalah disepakatinya prioritas pembangunan jalan dan saluran irigasi desa.

Penyaluran Dana Desa telah diterima Desa Ngrance sejak tahun 2015 dengan prioritas pada kegiatan pembangunan Irigasi dan Jalan. Hal tersebut menjadi penting mengingat kondisi tanah Desa Ngrance yang berkontur tanah rawa sehingga memerlukan proses cukup panjang dalam pengerjaan dan biaya yang tidak sedikit untuk pembangunannya.

Untuk penyaluran di tahun 2016 masih dalam kegiatan pembangunan Jalan, yaitu dengan dilakukan pavingisasi beberapa jalan desa, menghubungkan jalan utama desa dengan perkampungan penduduk.

Pada Tahun 2017, Desa Ngrance mendapatkan Dana Desa sebesar 769 juta rupiah dan sejauh ini telah disalurkan untuk Tahap I Dana Desa sebesar 461 juta rupiah yang diprioritaskan untuk pembangunan jalan, penyelenggaraan alat kesehatan dan penyelenggaraan perencanaan desa.

Pengelolaan Dana Desa Tahap I Tahun 2017 telah dilaksanakan dengan baik oleh perangkat desa, terlihat dari bukti pekerjaan fisik yang telah dinikmati warga yaitu: pembangunan talud/ plengsengan sebanyak 656 unit; pembangunan jalan desa sepanjang 1.255 meter; pembangunan jembatang desa sepanjang 686 meter; Sanitasi lingkungan sebanyak 648 unit; pengadaan alat kesehatan; dan penyelenggaraan Perencanaan Desa.

Dana Desa mendukung Ngrance membuka gerbang harapan untuk memberikan kesejahteraan dan kualitas hidup yang lebih baik untuk warganya.

%d blogger menyukai ini: