Popularitas Desa Wisata Mojo terus meroket. Ada paket wisata Susur Sungai Bengawan Solo dengan menggunakan perahu wisata, Desa Mojo mulai merambah paket agrowisata. Selain itu, ada wisata kebun belimbing, jambu, dan pisang. Hamparan persawahan yang indah juga menjadi tempat favorit untuk swafoto dengan nuansa alam perdesaan. Semua inovasi itu membuat Desa Mojo sebagai destinasi wisata paling favorit di Kabupaten Bojonegoro.

Paket wisata bahari di Desa Mojo sudah cukup ngetop. Desa menyediakan perahu wisata untuk menyusuri Bengawan Solo yang menyajikan pemandangan yang indah. Harga tiketnya sangat terjangkau sehingga paket wisata itu banyak dikunjungi wisatawan.

Nama Inovasi Desa Wisata Mojo
Penggelola Pemerintah Desa Mojo
Alamat Desa Mojo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Kontak Sunaryo (Kepala Desa Mojo)
Telepon +62-852-3063-9639
Facebook https://www.facebook.com/mojobahari

Di desa ini hampir seluruh warganya berprofesi sebagai petani belimbing. Buah belimbing yang ada di desa ini mempunyai ukuran dari yang kecil sampai dengan yang besar. Para wisatawan yang berkunjung ke kebun Belimbing bisa memetik buah sendiri. Mereka juga mencicipi aneka olahan dari buah belimbing, seperti dodol belimbing, sirup belimbing, dan juice belimbing.

Ada juga keripik pisang yang rasanya gurih maupun manis karena diolah dengan bahan yang terbaik. Untuk jenis jambu, ada beragam jenis yang tersedia, seperti jambu kristal, jambu merah, dan jambu bangkok.

Desa Mojo terletak di Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Luas wilayah 83,668 Ha. Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Pagerwesi, Kecamatan Trucuk. Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu. Di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Kandangan Kecamatan trucuk dan sebelah Timur berbatasan dengan Desa Padang KecamatanTrucuk.

Jarak dari ibukota kecamatan 12 Km, jarak dari ibukota kabupaten 26 Km. dan jarak dari ibukota provinsi 119 km. Desa Mojo hanya terdiri dari 1 dusun karena memang Desa Mojo merupakan Desa kecil yang di kelilingi oleh Sungai Bengawan. Pada 2017, desa ini memiliki penduduk sebanyak 1.207 jiwa, terdiri dari 606 jiwa laki-laki dan 601 jiwa perempuan.

Untuk memajukan wisata, Pemerintah Desa Mojo akan membangun sarana pendukung berupa jalan lingkungan dan jalan akses menuju kebun belimbing, MCK, serta tempat parkir. Untuk wisata air, Pemerintah Desa akan membangun plengsengan buat tambatan perahu untuk memudahkan pengunjung menuju perahu wisata. Dengan adanya dermaga dan perahu wisata diharapkan lebih banyak wisatawan yang mengunjungi Desa Wisata Mojo.

%d blogger menyukai ini: