Olahan makanan berbahan buah pisang sering ditemui di pasaran. Namun, olahan produk pangan berbahan baku jantung pisang masih jarang terdengar. Biasanya, jantung pisang hanya dimasak untuk sayur saja. Desa Lantukan berinovasi memanfaatkan jantung pisang menjadi beragam olahan makanan yang bernilai jual tinggi.

Desa Lantukan terletak di Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Seorang warga Desa Latukan dapat mengubah jantung pisang menjadi produk olahan makanan ringan, seperti, keripik, kerupuk, kemplang, stick, dan cilok. Tak tanggung-tanggung, ada sepuluh jenis olahan makanan ringan yang lahir dari tangan kreatifnya.

Nama Inovasi Aneka Olahan Jantung Pisang
Pengelola BUM Desa Sumber Rejeki
Alamat Desa Latukan, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur
Kontak Agus Syafi’i (Direktur BUM Desa)
Telepon +62-813-3184-8389

Pisang adalah tumbuhan yang dapat tumbuh subur di daerah tropis, termasuk Indonesia. Pisang termasuk komoditas yang memiliki nilai jual yang lumayan bagus dan sudah diperjualbelikan di pasar-pasar modern, bahkan sudah menembus pasar ekspor.

Pisang tumbuh subur di area yang banyak air, seperti pematang sawah dan sepanjang bantaran sungai. Selama ini, pohon pisang yang diambil cuma buah pisang dan daun pisangnya saja. Desa Latukan mempelopori pemanfaatan jantung pisang menjadi aneka kudapan dan makanan ringan.

Sayang jaringan pemasaran produk di atas baru sebatas di sekitar Desa Latukan. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Rezeki berencana memperluas area pemasaran produk unggulan desa itu hingga wilayah Kabupaten Lamongan.

%d blogger menyukai ini: