Ketepung adalah salah satu dari desa di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, yang merasakan manfaat dana desa. Berada pada ketinggian 400 mdpl dengan suhu rata-rata 34 derajat celcius.

Ketepung mempunyai luas wilayah seribu ha yang terdiri dari tujuh dusun, yang dihuni oleh tiga ribu jiwa. Kualitas prasana pendukung warga serta produktivitas warga desa yang meningkat adalah manfaat dana desa utama yang dirasakan Ketepung.

Sumber Keuangan Desa Ketepung berasal dari APBN, APBD, dan Pendapatan Asli Desa dengan porsi APBN sebesar 795 juta rupiah, APBD sebesar 1,1 miliar rupiah dan PADesa sebesar 27 juta rupiah.

Dana dari APBD tersebut meliputi ADD sebesar 512 juta rupiah, bagian pajak dan retribusi daerah sebesar 23 juta rupiah dan bantuan keuangan kab sebesar Rp 574 juta rupiah. Total alokasi Dana Desa sebesar 795 juta rupiah telah direalisasikan seluruhnya.

Dana Desa merupakan komponen pendapatan yang paling signifikan nilanya dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa Desa Ketepung, khususnya sejak tahun 2015 – 2017.

Dengan adanya kucuran Dana Desa, Ketepung memperoleh manfaat yang diperolah di mana terjadi peningkatan kualitas sarana prasarana Transportasi dalam waktu empat tahun terakhir. Saat ini hampir 90 persen jalan di Ketepung sudah diperkeras.

Pembangunan jalan ini mendukung peningkatan ekonomi masyarakat. Salah satu contohnya, adalah peningkatan harga hasil hutan tersebut yang bisa mencapai tiga kali lipat karena produktivitas warga didukung sarana distribusi jalan desa yang baik.

Mengurangi angka pengangguran dan urbanisasi adalah dampak lanjutan produktivitas warga desa yang meningkat. Para pemuda desa mampu terlibat secara langsung dalam perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban pengelolaan Dana Desa.

Banyak pemuda desa yang mendapatkan pekerjaan sebagai tukang dan sejenisnya karena kegiatan pembangunan infrastruktur dilaksanakan secara swakelola dan padat karya.

Dalam kurun waktu tiga tahun ini angka pengangguran atau masyarakat yang bekerja di luar kota sangat berkurang dengan adanya pembangunan dan pemberdayaan yang menyerap tenaga kerja.

Tidak hanya produktivitas warga, pemanfaatan sumber alam lokal desa seperti batu dan pasir menambah income penghasilan penduduk setempat. Selain itu, dana desa mampu meningkatkan peran serta perempuan di Ketepung.

Kaum perempuan di Ketepung mampu berperan aktif dalam peningkatan derajat kesehatan keluarga, sanitasi serta peningkatan kemampuan ekonomi keluarga pasca mengikuti program pemberdayaan masyarakat. Dana desa memampukan warga Ketepung menjadi lebih produktif dari waktu ke waktu.

%d blogger menyukai ini: