www.kemlagi.desa.id – Bursa Inovasi Desa Kabupaten Mojokerto Tahun 2018 telah dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Nopember 2018 di salah satu hotel di Kota Mojokerto. Desa Kemlagi yang mewakili Kecamatan Kemlagi untuk kategori bidang Sumber Daya Manusia (SDM) pada Bursa Inovasi Desa Kabupaten Mojokerto Tahun 2018 ini menempati juara 4.

Kades Kemlagi Abd.Wahab, SE terima piala dan piagam

Capturing Video Bursa Inovasi Desa 2018 Desa Kemlagi “Masyarakat Sehat Menuju Desa Hebat” bisa lihat disini

Stand Bursa Inovasi Desa TPID Kec.Kemlagi

Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa (selanjutnya disebut UU Desa), memberikan kewenangan kepada Desa, antara lain: kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala Desa. Pemerintah berupaya meningkatkan kapasitas keuangan Desa melalui, khususnya, melalui transfer Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Diharapkan, Desa meningkat kemampuannya untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

TPID Kec.Kemlagi lagi berpose

Namun disadari bahwa kapasitas Desa dalam menyelenggarakan pembangunan dalam perspektif “Desa Membangun”, masih terbatas. Keterbatasan itu tampak dalam kapasitas aparat Pemerintah Desa dan masyarakat, kualitas tata kelola Desa, maupun sistem pendukung yang mewujud melalui regulasi dan kebijakan Pemerintah yang terkait dengan Desa. Sebagai dampaknya, kualitas perencanaan, pelaksanaan, pengedalian dan pemanfaatan kegiatan pembangunan Desa kurang optimal dan kurang memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa.

Penyerahan piala dan piagam pada desa terinovasi bidang SDM Bursa Inovasi Desa Kab.Mojokerto Tahun 2018

Bursa Inovasi Desa merupakan bagian dari tahapan Program Inovasi Desa. Bursa ini menawarkan kegiatan-kegiatan terkait pembangaunan desa yang telah dinilai inovatif. Selain itu, Bursa Inovasi Desa juga ditujukan untuk membangun komitmen replikasi inovasi-inovasi yang sesuai oleh Pemerintah Desa mencari inovasi yang belum terdokumentasi serta membagi informasi penyedia jasa layanan teknis yang dibutuhkan desa dalam mereplikasi sebuah inovasi.

Dalam Bursa Inovasi Desa ada 3 (tiga) bidang yang menjadi sasarannya, meliputi :

  • Infrastruktur;
  • Kewirausahaan; dan
  • Sumber Daya Manusia

Berikut nama-nama desa yang mendapatkan penghargaan sebagai desa terinovasi di Kabupaten Mojokerto Tahun 2018 :

Desa Terinovasi Kabupaten Mojokerto Tahun 2018

%d blogger menyukai ini: