Program Dana Desa yang telah dimulai dari tahun 2015 telah dirasakan manfaatnya khususnya masyarakat di Kemantrenrejo. Kemantrenrejo merupakan salah satu desa yang berhasil dalam menjalankan program Dana Desa. Kemantrenrejo berada di Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Desa ini terbagi menjadi lima dusun dan memiliki sekitar empat ribu jiwa penduduk dengan total luas wilayah keseluruhan mencapai 217 ha. Visi dan Misi yang jelas serta terarah yang dijalankan secara bertahap dan berkesinambungan menjadikan Kemantrenrejo layak dijadikan desa percontohan yang sukses dalam pembangunan.

Tahun 2017, Kemantrenrejo mendapatkan alokasi Dana Desa sebesar Rp769 juta rupiah. Pada Tahap I, KPPN Malang melakukan penyaluran dana sebesar 60 persen atau sejumlah Rp450 juta. Hampir 90 persen lebih Dana Desa yang digulirkan ke Kemantrenrejo digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

Pembangunan desa tahun 2017 masih melanjutkan proses pembangunan di tahun 2016 yang berfokus pada pembangunan saluran irigasi, paving, saluran sanitasi, serta peningkatan kapasitas kelompok tani, kelompok pengrajin dan kapasitas PAUD.

Pembangunan Saluran Irigasi merupakan pekerjaan yang dominan pada alokasi Dana Desa TA 2017 di Desa Kemantrenrejo. Hal ini dikarenakan sektor pertanian dan peternakan lele menjadi komoditas perekonomian yang dominan di sana. Produk perikanan dari Desa Kemantrenrejo merupakan salah satu yang patut dibanggakan karena berhasil memperoleh penghargaan dari beberapa perlombaan.

Sedangkan untuk memudahkan akses transportasi, telah dibuat proyek pembangunan paving block di tiap-tiap jalan dusun. Pembangunan ini telah dirasakan manfaatnya oleh warga dusun di mana mereka dapat mengangkut hasil pertanian lebih mudah, juga mempercepat perjalanan karena tidak menemui jalan yang berlubang ataupun becek ketika hujan.

Selanjutnya, sekitar 25% Dana Desa ini digunakan untuk pembangunan sanitasi demi kesehatan dan kesejahteraan warga. Saat ini, kegiatan dalam peningkatan SDM belum dianggarkan dengan porsi yang sebanding dengan pembangunan infrastruktur.

Tahun ini, diadakan pelatihan dan peningkatan kapasitas SDM untuk pengrajin batik karena Kemantrenrejo memiliki pembatik-pembatik lokal yang telah memiliki pelanggan tetap.

%d blogger menyukai ini: