Desa Kedunggede adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Wilayahnya yang seluas luas 207 ha berupa dataran rendah yang didominasi sawah dan ladang. Desa Kedunggede dihuni oleh 3.903 penduduk dengan mata pencaharian sebagian besar sebagai petani.

Pendapatan Desa Kedunggede pada tahun 2017 dianggarkan sebesar Rp 1,96 milliar, dengan porsi Dana Desa sebesar Rp 830 juta. Belanja desa sebagian besar dialokasikan pada bidang pembangunan sebesar Rp1,13 milliar, bidang penyelenggaraan pemerintah Rp630 juta, bidang pemberdayaan masyarakat Rp97 juta, dan bidang pembinaan masyarakat Rp 59 juta.

Pengelolaan APBDes secara keseluruhan maupun Dana Desa secara khusus dilaksanakan dengan prinsip musyarawarah dan keterbukaan sehingga pelaksanaannya berjalan baik dan mendapatkan dukungan dari seluruh warga desa. Diharapkan, hasilnya pun dapat maksimal untuk kesejahteraan warga desa.

Perencanaan APBDes dilakukan melalui Musrenbangdes yang dilaksanakan pada bulan Juni, tujuannya agar Perdes tentang APBDes tahun berikutnya dapat ditetapkan pada bulan Desember sebelum tahun anggaran baru dimulai. Adapun Dana Desa disalurkan berdasarkan rencana kegiatan yang tercantum pada kalender pembangunan desa yang telah disusun. Sebagian besar pembangunan yang dibiayai dari dana desa ditangani secara swakelola oleh warga.

Desa Kedunggede merupakan satu contoh desa yang mengedepankan tranparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan Dana Desa. Di depan Balai Desa terpampang secara jelas infografis APBDes. Di lokasi pembangunan juga selalu dipasang papan kegiatan, sehingga semua warga dapat mengetahui dengan jelas agenda dan pelaksanaan pembangunan desa.

Dalam rangka tranparansi dan akuntabilitas, Desa Kedunggede juga menyediakan situs web www.kedunggede-banyumas.desa.id. Melalui sarana tersebut, warga desa maupun stakeholders dapat mengetahui secara lebih detail berbagai hal terkait desa mereka, antara lain tentang profil desa, pembangunan, pelayanan, maupun laporan keuangan.

Dana desa telah diterima oleh Desa Kedunggede sejak tahun 2015. Pada tahun 2017, Dana Desa dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur sebesar 85% dan pemberdayaan masyarakat sebesar 15%.

Sebelum memperoleh Dana Desa, anggaran untuk infrastruktur di Desa Kedunggede sangat minim. Keterbatasan ini mengakibatkan kesulitan untuk membenahi kondisi jalan pedesaan yang becek dan drainase yang kurang layak. Dengan adanya Dana Desa, masyarakat desa dapat menikmati infrastruktur jalan dan drainase yang baik.

Dana desa juga berhasil mendorong pemberdayaan masyarakat. Pemerintah Desa telah menyelenggarakan pelatihan menjahit dan membatik. Keterampilan warga desa yang meningkat ini dapat digunakan untuk menambah penghasilan dan diharapkan juga menggerakkan perekonomian.

Meskipun pemanfaatan Dana Desa secara kasat mata bisa dilihat dari berdirinya gedung kokoh atau membaiknya sarana jalan yang dipakai sehari-hari oleh masyarakat, tetapi untuk akuntabilitas penggunaannya tetap diperlukan sarana publikasi yang dapat diakses oleh seluruh warga.

Banyak desa memilih cara pemasangan papan kegiatan di balai desa atau di sekitaran proyek pembangunan, tetapi Desa Kedunggede melangkah lebih maju dengan pemanfaatan Dana Desa dalam peningkatan transparansi.

Desa Kedungggede menyediakan situs web www.kedunggede-banyumas.desa.id, yang bisa diakses masyarakat di mana pun berada, seputar laporan keuangan desa, termasuk bagaimana dan untuk apa saja Dana Desa yang mereka peroleh dialokasikan.

%d blogger menyukai ini: