Desa Kecupak I adalah salah satu desa dari lima desa di Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut Kabupaten Pakpak Bharat, Provinsi Sumatera Utara. Selain bergantung pada sektor pertanian, masyarakat Desa Kecupak I juga mengembangan kerajinan dari batok kelapa.

Jumlah Penduduk Desa Kecupak I sebanyak 737 jiwa dengan perbandingan jumlah laki-laki sebanyak 367 jiwa dan perempuan sebanyak 370 jiwa. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian disektor Pertanian. Komoditi pertanian yang paling banyak di desa Kecupak I adalah Komoditi Padi dan Cabai Merah.

Beliau memulai usaha ini sejak 2 tahun yang lalu dan belajar otodidak. Membuat kerajinan ini memang tidak semudah yang kita bayangkan, diperlukan kesabaran dan ketelatenan untuk menghasilkan sebuah karya/kerajinan yang bagus. Hasil Kerajinan Batok Kelapa ini tidak kalah saing dengan kerajinan modern seperti saat sekarang ini. Sehingga layak untuk dipasarkan ke luar daerah bahkan keluar Provinsi. Membuat kerajinan tangan ini dilakukan sendiri oleh Marianto Manik. Dan apabila Pesanan meningkat, beliau memakai tenaga orang lain untuk membantunya.

Permasalahan Awal
1. Tempat Usaha Kerajinan Batok kelapa yang Kurang Strategis, sehingga masyarakat kurang mengenal kerajinan ini.
2. Sumber daya Manusia (SDM) yang kurang dalam membuat Kerajinan ini, sehingga terkendala dalam hal pembuatan kerajinan.
3. Pemasaran Kerajinan masih dilakukan dengan cara mulut kemulut dan melalui akun facebook
4. Perhatian pemerintah dibidang kerajinan masih kurang.

Solusi
1. Tempat Membuat Kerajinan di kelola di rumah tempat tinggal pemilik usaha.
2. Belajar membuat kerajinan dari internet seperti youtube, dan kemudian kembangkan dengan ide pengrajin.
3. Pemasaran dilakukan dengan cara dari mulut kemulut, tetangga, teman dan pemasaran melalui jejaring sosial facebook.
4. Diharapkan kepada pemerintah agar membantu mempromosikan Hasil Kerajinan ini keluar Pakpak Bharat, sehingga kerajinan ini bisa diminati banyakn orang.

Manfaat
1. Menjadi salah satu sumber pendapatan warga masyarakat desa melalui pengelolaan usaha Kecil Menengah rumah tangga
2. Menciptakan lapangan usaha baru yang menjanjikan dari sisi ekonomi, apabila usaha kerajinan ini sudah berkembang dan maju
3. Sebagai promosi kerajinan ke luar darah agar Pakpak Bharat semakin dikenal orang khususnya desa Kecupak I

Proses Penyelesaian Masalah

1. Identifikasi terhadap potensi desa oleh Pemerintah Desa bersama masyarakat
2. Memberikan Masukan kepada pemerintah desa agar kerajinan tangan ini dikembangkan di desa Kecupak I dan dikelola oleh Bumdes Kecupak I
3. Mempromosikan hasil karya kerajinan tangan Batok Kelapa kepada masyarakat Pakpak bharat khususnya wilayah Desa Kecupak I agar kerajinan ini semakin dikenal masyarakat.
4. Memberi saran dan masukan kepada pengrajin untuk membuat proposal Ke Dinas Terkait untuk dibantu modal usaha dan tempat Usaha Kerajinan.

Pendanaan

Pendanaan Kerajinan Tangan ini berasal dari diri sendiri/pribadi, karna memang kerajinan ini merupakan milik pribadi dan bukan milik kelompok, untuk kedepannya diharapkan kepada pemerintah desa untuk membantu pengembangan dibidang pemasaran dan modal usaha.

Rekomendasi
Perlu perhatian dari pemerintah Desa, Kecamatan dan Kabupaten untuk pengembangan kerajinan Batok Kelapa ini, pemasaran hasil produk juga harus melibatkan pihak pemerintah terkait

Kontak
1. SAHRIN MANIK (Kepala Desa Kecupak I) HP: 082166348933
2. ROSDIANA MUNGKUR (Bendahara TPID Kec PGGS) HP. 082294509396
3. PENOH TARIGAN (TA-TTG P3MD-PID) HP: 081361669242

%d blogger menyukai ini: