Program Generasi Sehat Cerdas (GSC) Desa Kataka, Kecamatan Kahaungu Eti, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur mempromosikan pengolahan pangan lokal untuk mengurangi angka gizi kurang dan gizi buruk bayi dan balita.

Mereka menggandeng para Tenaga Gizi dari Program Nusantara Sehat yang bertugas di Kecamatan Kahaungu Eti untuk melatih masyarakat dalam mengolah aneka pangan lokal.

Nama Inovasi Pengolahan Pangan Lokal untuk Atasi Gizi Buruh
Pengelola Program GSC Desa Kataka
Alamat Desa Kataka, Kecamatan Kahaungu Eti, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

Elemen masyarakat yang dilatih terdiri dari Kader Posyandu, kelompok Ibu Hamil, serta orang tua bayi balita. Mereka diberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola makanan lokal yang baik dan benar sesuai standar gizi yang ada.

Bahan bahan lokal yang dimanfaatkan antara lain keladi, labu, kacang hijau, jagung, dan telur ayam kampung.

Berdasar pengamatan lapangan, warga Desa Kataka seringkali menjual telur ayam kampung yang mereka punya. Uang hasil jualan itu dipakai untuk membeli mie instan. Jagung kerapkali digunakan makanan ayam, sementara ubi dan labu hanya untuk makanan ternak. Padahal jika dioleh dengan baik bisa menjadi sumber pangan bergizi.

Para Tenaga Gizi dari Program Nusantara Sehat mengsosialisasikan serta menjelaskan kepada para ibu hamil dan orang tua bayi balita tentang pemuhan gizi bagi ibu hamil serta menjelaskan makanan yang bergizi untuk bayi dan balita serta pola pengasuhan yang baik.

Pemerintah Desa Kataka siap melanjutkan kegiatan serupa untuk pengolahan pangan lokal. Kegiatan ini mengajarkan budaya mengolah bahan pangan lokal sehat di Desa Kataka.

Rambu Dorkas, KPMD Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) Desa Kataka