Indonesia, Negeri kaya raya, zamrud katulistiwa tanahnya surga. Kesuburannya bahkan dianalogikan tongkat kayu dan batu bisa jadi tanaman. Hamparan hijau tanaman padi tumbuh terbentang di bawah langit biru. Bukan hanya itu, jejeran pohon-pohon kelapa sawit juga bisa disaksikan di sepanjang kiri kanan jalan, tanda kekayaan Indonesia di mata dunia.

Di balik kekayaan alam Indonesia yang sangat melimpah tersebut, terdapat sebuah permasalahan yang dihadapi, yaitu kemiskinan. Permasalahan kemiskinan di Indonesia masih sangat sering kita jumpai. Saat ini masih banyak gelandangan dan pengemis di berbagai tempat-tempat umum, banyaknya tempat yang tidak layak huni, hingga masyarakat yang tidak memiliki uang untuk sekedar membeli sesuap nasi dan mengalami kekurangan gizi yang menyebabkan tidak tumbuh secara baik.

Desa Karang Gading adalah sebuah Desa yang terletak di Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Memiliki luas wilayah kurang lebih 1.008 Ha, desa ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 6.532 jiwa, terdiri dari 2.335 Kepala Keluarga yang tersebar 14 dusun, dengan mata pencaharian sebagian besar penduduk adalah petani.

Pada Tahun 2017, Pendapatan desa mencapai Rp1,70 milliar dengan porsi Dana Desa mencapai Rp877 Juta. Untuk Dana Desa, mengingat Desa Karang Gading memiliki potensi agro pertanian maupun perkebunan yang dominan, akses jalan dan tersedianya sistem pengairan yang baik akan sangat berperan dalam mendorong produktivitas maupun mobilisasi hasil pertanian dan perkebunan desa ini.

Untuk itu, salah satu pemanfaatan Dana Desa adalah pembangunan pengerasan jalan sepanjang kurang lebih 3.384 meter di empat dusun, dan perbaikan saluran air berupa parit sepanjang kurang lebih 405 meter di dua dusun.

Di samping pembangunan infrastruktur, Dana Desa juga digunakan dalam peningkatan kesehatan masyarakat. Hal inilah yang menjadi perhatian Kepala Desa Karang Gading, meluncurkan program penyediaan makanan sehat dan bergizi bagi anak dan ibu hamil.

Dalam pelaksanaannya, pengelolaan kegiatan dana desa sendiri dilaksanakan secara transparan, hal ini dibuktikan dari baleho terkait informasi pengelolaan dana desa yang terpampang diberbagai tempat-tempat umum di jalan desa, dan di Kantor Desa Karang Gading.

Transparansi, disinergikan dengan pemanfaatan dana pada pengembangan infrastruktur potensi agro pertanian serta peningkatan kesehatan menjadi kunci sukses pengelolaan Dana Desa di Desa Karang Gading. Bersama-sama, perlu diidentifikasi kegiatan yang berdampak langsung dalam kehidupan masyarakat sehingga pemanfaatan Dana Desa optimal bagi masyarakat.

Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, para penduduk sangat merasakan dampak positif dari adanya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dengan dana desa. Dengan Dana Desa, peningkatan pendapatan, perbaikan sarana prasarana, pemberian layanan publik dan kualitas hidup masyarakat Desa Karang Gading semakin baik.

%d blogger menyukai ini: