Desa Kalahiang marupakan dengan yang dialiri sungai Balangan yang panjang dan mengalir, maka dari itu masyarakatnya berpikir dengan mudah untuk membuang hajat cukup melakukan di sungai tanpa mengetahui atau memperkirakan dampak yang terjadi dengan kesehatan diri sendiri.

Nama inovasi : Pembuatan WC Gratis untuk Masyarakat Kurang Mampu
Pengelola : Pemerintah Desa
Lokasi/alamat : Desa Kalahiang  Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel)
Contact person : Sekretaris Desa Kalahiang
Telepon/HP/email : 0811-5114581

Melihat kondisi ini pihak Adaro memberikan program STMB dan pelatihannyapada pertengahan tahun 2017. Pertemuan tersebut membahas tentang arisan jamban. Pertemuan selanjutnya berlangsung pada tahun 2018, arisan jamban diganti dengan program Sanitasi Total Berbasis Masyrakat disingkat STBM.

Pada program ini, pihak Adaro hanya memberi cetakan WC dan pelatihan untuk pembuatan septic tank, sedangkannya pembuatannya sendiri dilakukan melalui kerjasama warga dan pihak terkait seperti tentara. Agar program ini terwujud dan menjadi sejarah bagi Desa Kalahiang, keterbatasan anggaran disiasati dengan mengupayakan penggalangan dana dari donatur untuk membeli bahan pembuatan WC.

Dalam waktu sekitar 1 bulan, berhasil dibangun 17 buah WC. Sekarang masyarakat bisa merasakan manfaatnya untuk kesehatan, kebersihan dan kenyamanan. Proses selanjutnya mendorong partisipasi masyarakat agar dapat melakukan perawatan WC yang sudah dibangun sehingga memberi manfaat secara optimal dan berkelanjutan.*****

%d blogger menyukai ini: