Desa Gunung Rejo berhasil mewujudkan lingkungan desa yang indah, nyaman, dan menawan. Rahasia keberhasilan ini adalah Inovasi Lomba Dusun. Lomba Dusun yang diselenggarakan secara rutin oleh Pemerintah Desa Gunung Rejo mengedepankan aspek gotong-royong masyarakat dalam penilaian. Selain itu, Lomba Dusun memicu kalangan perempuan untuk memanfaatkan halaman rumah untuk menanam sayur-mayur dan bumbu dapur.

Desa Gunung Rejo terletak di Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran Lampung, Lampung. Lomba Dusun diselenggarakan untuk menggiatkan semangat gotong-royong masyarakat, terutama di tingkat dusun. Selain itu, banyak pembangunan di tingkat dusun, baik yang dibangun oleh desa, kabupaten, maupun pusat, yang tidak cukup terawat.

Nama Inovasi Inovasi Lomba Dusun
Pengelola Pemerintah Desa Gunung Rejo
Alamat Desa Gunung Rejo, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, Lampung
Kontak Suranto (Kepala Desa Gunung Rejo)
Telepon +62-853-6963-1457
Website https://gunungrejo.desa.id/

Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pelestarian dan pemeliharaan prasarana desa, maka Pemerintah Desa Gunung Rejo perlu menggiatkan tradisi gotong-royong kembali. Semangat gotong-royong akan memperkuat kebersamaan dan kerukunan antar masyarakat dusun di Desa Gunung Rejo.

Ide lomba dusun muncul pada Musyawarah Desa 2017 sebagai rekomendasi dari musyawarah dusun. Lalu, usulan itu dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Pemerintah Desa Gunung Rejo memasukkan ide itu sebagai program ungggulan dalam Rencana Kerja Pembangunan 2018 yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2018.

Dalam Lomba ada sejumlah aspek yang dinilai, seperti keindahan lingkungan, ketertiban masyarakat, keamanan dusun, dan kesejahteraan masyarakat.Berbeda dengan lomba-lomba lainnya, Lomba Dusun di Desa Gunung Rejo berlangsung satu tahun. Penilaian dilakukan secara berkala setiap satu minggu.

Tak sekadar lingkungan yang indah, dampak dari lomba dusun adalah kegiatan para perempuan untuk memanfaatkan halaman rumah untuk menambah penghasilan tambahan. Mereka membudidayakan tanaman sayuran, bumbu-bumbu dapur, dan keperluan lain yang dibutuhkan sehari-hari.

Inovasi yang dilakukan Desa Gunung Rejo membawa desa ini semakin dikenal di Kabupaten Pesawaran. Pada 2016, Desa Gunung Rejo mewakili Kabupaten Pesawaran untuk mengikuti lomba desa tingkat nasional. Hebat kan!

%d blogger menyukai ini: