Popularitas Pulau Tinjil di Desa Cikiruhwetan terus meroket. Wisata Pulau Tinjil selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik hari biasa maupun hari liburan. Bila Anda berkunjung ke Kota Pandeglang, rasanya belum lengkap tanpa singgah ke Pulau Tinjil.

Desa Cikiruhwetan terletak di Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten. Akses menuju lokasi wisata Pulau Tinjil cukup mudah. Anda dapat memanfaatkan aplikasi Google Map sebagai panduan saat berkendaraan. Aplikasi tersebut akan mengarahkan Anda menuju Desa Cikiruhwetan, Cikeusik.

Nama Inovasi Lokawisata Pulau Tinjil
Pengelola Pemerintah Desa Cikiruhwetan bekerjasama dengan Pusat Studi Satwa Primata Banten
Alamat Desa Cikiruhwetan, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten
Kontak Lukman (Kepala Desa Cikiruhwetan)
Telepon +62-858-7589-5898

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum, Anda bisa mencari angkutan menuju ke Terminal Bus Kota Kecamatan Cikuesik. Setelah itu, Anda bisa menggunakan jasa ojek ataupun kendaraan lain menuju Desa Cikiruhwetan.

Berwisata ke Pulau Tinjil membuat liburan Anda makin bermakna. Anda dapat berkeliling pulau dengan segudang pesona alam yang indah dan eksotik. Sepanjang bibir pantai, wisatawan akan menemui hamparan pasir yang lembut dan berwarna putih bersih.

Keindahan alam pulau ini tiada duanya. Pemandangan alam di pulau sangat asri dengan aneka jenis pohon, seperti ketapang, melinjo, serta sawo hutan yang tumbuh dengan subur dan rindang.

Pulau Tinjil juga banyak dihuni kera jenis ekor panjang atau macaca fascicularis. Jenis kera itu tergolong jinak dan cepat beradaptasi dengan manusia.

Pulau Tinjil juga menawarkan keindahan bawah laut bagi para pengunjung yang hobi Snorkling ataupun Diving. Amazing!

Tiba di Desa Cikiruhwetan, para wisatawan dapat menggunakan jasa penyeberangan perahu bermotor melalui Dermaga Binuangen. Sebelum menyeberang, semua pengunjung harus mengurus izin ke Pusat Studi Satwa Primata terlebih dahulu.

Pengunjung akan melewati sejumlah tahap pemeriksaan. Wisatawan harus terbebas dari beragam jenis penyakit menular seperti tubercolosis (TBC) maupun simian retrovirus (SRV).

Lokawisata Pulau Tinjil telah memiliki sejumlah fasilitas pendukung untuk melayani para pengunjung, seperti area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi/MCK, tempat istirahat, rumah makan, penginapan, dan masih banyak lagi.

Anda penasaran? Mari mencoba destinasi wisata Desa Cikiruhwetan bernama ke Pulau Tinjil!