Pemerintah Desa Cienggang bekerja keras mengembangkan wilayahnya untuk lebih maju. Saat ini, mereka berinovasi mengembangkan Curug Pamempek dan Curug Luhur sebagai destinasi wisata alam terkemuka di Kabupaten Sukabumi. Mereka menggandeng komunitas forografer dan perusahaan pre wedding untuk mempromosikan keindahan daerah ini.

Desa Cienggang terletak di Kecamatan Geuberbitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pada medio 2018, Pemerintah Desa Ciengang meresmikan dan menetapkan Curug Pamempek dan Curug Luhur sebagai objek wisata. Secara bertahap, pemerintah desa terus melengkapi fasilitas umum, termasuk memperbaiki akses jalan menuju lokasi wisata.

Nama Inovasi Curug Pamempek dan Curug Luhur
Pengelola Pemerintah Desa Cienggang
Alamat Desa Cienggang, Kecamatan Geuberbitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Sejumlah anjungan foto (selfi deck) juga dipersiapkan untuk mengeksplorasi keindahan alam Cienggang. Panorama alam Curug Pamempek dan Curug Luhur sangat memanjakan para pengunjung. Selain air yang curug yang bening, sekeliling curug terdapat bebatuan unik serta pepohonan yang rindang. Para wisatawan akan merasakan kesejukan alam yang sebenarnya.

Untuk berkunjung ke Curug Pamempek dan Curug Luhur, pengunjung bisa mengunakan mobil maupun motor dengan jarak tempuh 1,5 kilometer dari jalan Kecamatan Geugerbitung. Dari pusat kecamatan jarak itu bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Selama perjalanan, pengunjung juga akan menyaksikan Masjid Baiturrahman yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri.

Dari tujuh desa yang ada di Kecamatan Geugerbitung, terdapat empat desa yang tengah mengembangkan bisnis pariwisata. Dari semua wisata yang ada, Desa Ciengang mampu mengembangkan destinasi wisata yang menjadi buruan dan buah bibir para wisatawan. Tak sedikit, pengunjung yang berdecak kagum menyaksikan keindahan alam dan hamparan batu Curug Pamempek dan Curug Luhur.

Setiap hari ratusan wisatawan yang datang dengan silih berganti untuk mengabadikan momen dengan latar belakang air curug. Tak hanya dikunjungi kalangan remaja, orang dewasa pun tak luput menikmati Curug Pamempek dan Curug Luhur. Bahkan, tempat ini kerap dijadikan tempat pre wedding oleh sejumlah kalangan dan komunitas fotograper.

Ke depan, Pemerintah Desa Ciengang akan mengembangkan destinasi wisata alam dan edukasi. Pendekatan konservasi mutlat diperlukan agar keindahan Curug Pamempek dan Curug Luhur tak lekang oleh zaman.

%d blogger menyukai ini: