Desa Pimping di Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan memiliki banyak lintasan sungai. Bahkan, Desa Pimping bisa dikatakan desa yang dikepung sungai. Mobilitas penduduk desa banyak mengandalkan moda transportasi sungai dibanding darat. Karena itu, keberadaan tambatan perahu sangat diperlukan untuk fasilitas pendukung transportasi sungai.

Sungai Pimping menghubungkan Desa Pimping dengan Tanjung Selor yang menjadi pusat perbelanjaan masyarakat. Transportasi perahu mendukung masyarakat untuk berpergian, baik untuk menuju ke tempat kerja, sekolah, maupun belanja keperluan sehari-hari.

Nama Inovasi Dermaga Drum Plastik
Pengelola Pemerintah Desa Pimping
Alamat Desa Pimping, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara
Penanggung Jawab Alan (Kepala Desa)
Telepon +62-812-5319-5442

Pemerintah Desa Pimping mengalokasi anggaran desa yang bersumber dari Dana Desa (DD) sebesar Rp 30.000.000,- untuk membangun tambatan perahu. Sebelumnya, pembangunan tambatan perahu sangat sering dibuat, namun tambatan sering mengalami kerusakan akibat konstruksi dibuat ala kadarnya.

Idealnya, konstruksi tambatan perahu dibuat dari bahan baja. Namun, untuk membuat tambatan seperti itu membutuhkan biaya yang sangat mahal. Untuk mewujudkan tambatan yang mampu secara fleksibel mengikuti ketinggian air, Pemerintah Desa Pimping memanfaatkan drum plastik sebagai media apung. Sejumlah drum plastik ditata, lalu papan kayu dipergunakan sebagai media permukaan tambatan (ponton).

Gagasan penggunaan drum plastik lahir dari diskusi pemerintah Desa Pimping dengan Pendamping Desa. Selain murah, drum plastik mudah didapat di daerah tersebut. Drum yang dipilih berukuran 200 liter, Untuk mengikat drum dan papan tambatan cukup menggunakan baut dan mur besi.

Konstruksi dermaga dari drum plastik cukup kuat dan ringan. Perawatannya juga sangat mudah dan murah. Inovasi ini disambut baik oleh warga desa, mereka berharap Pemerintah Desa bisa menambah jumlah tambatan perahu di lokasi-lokasi strategi di Desa Pimping.

Yermi ST, Tenaga Ahli Infrastruktur Desa Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara