Bagi Pulosari, sebuah desa di Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pembangunan infrastruktur dari dana desa mampu mendukung pemberdayaan dan perekonomian masyarakat.

Pulosari terdiri dari tiga dusun, yakni Dusun Sumber Mulyo, Pulosari dan Pulonasir. Warga Pulosari berjumlah empat ribu jiwa, dengan usia produktif sekitar 60 persen dari jumlah penduduk tersebut. Dengan sebagian besar tingkat pendidikan tidak tamat SD, membangun kemandirian warga adalah tantangan tersendiri.

Hal tersebut juga yang melatarbelakangi visi Pulosari: Mandiri, Nasionalis, Istimewa, dan Sejahtera (MANIS). Melalui visi ini, pemerintah desa berkomitmen untuk membangun desa berdasarkan potensi yang ada dalam desa serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan mengedepankan kepentingan umum. Sebagian besar warga Pulosari mengandalkan sektor pertanian sebagai mata pencaharian.

Selain pertanian, sebagian penduduk bekerja di perkebunan tebu dan kebun buah-buahan, serta beternak unggas, sapi dan kambing. Saat ini, pemerintah desa mengembangkan Pulosari untuk menjadi sebuah Desa Wisata dengan potensi wisata Gua Ngesong, Candi Arimbi, dan area Arung Jeram Tirto Wingit.

Pada tahun 2017, Pulosari mendapat alokasi Dana Desa sebesar 811 juta rupiah, dan telah direalisasikan sebesar 486 juta rupiah. Penggunaan dana ini didominasi oleh pembangunan infrastruktur.

Pulosari membenahi badan jalan desa yang merupakan sarana penghubung warga desa menuju jalan utama desa. Dengan adanya badan jalan ini, akan memudahkan akses mobilisasi warga dan barang dari dan menuju ke desa. Pulosari juga membangun pipanisasi dan Bak Kontrol Air Bersih, dalam rangka memenuhi kebutuhan warga akan air bersih. ­

T­erakhir di bidang infrastruktur, Pulosari membangun drainase dalam rangka perbaikan sanitasi ­lingkun­gan, pencegahan banjir, serta menghindari genangan air ketika musim hujan.

Di sisi pengembangan ekonomi, pemerintah desa menyertakan modal dan mem­bangun Gedung BUMDes Sari Artha di sebelah kantor pemerintah desa. Diharapkan hal ini akan meningkatkan pengembangan usaha seperti Wisata Desa, Mart Desa dan payment point online bank (pembelian pulsa dan pembayaran tagihan lainnya).

Dalam rangka memberikan peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat, pemerintah Desa Pulosari di antaranya juga membangun website yang dikelola oleh admin BUMDes Sari Artha.

‘Satu Layanan Sejuta Manfaat’ merupakan konten yang dapat digunakan masyarakat untuk berinteraksi dengan admin BUMDes Sari Artha terkait informasi tagihan dan pembayaran listrik, hingga pembelian voucher listrik, pulsa, paket data dan sebagainya. Website ini bahkan telah terhubung dengan layanan pembuatan billing pajak secara online atau MPN G2.

Di bidang Pembinaan dan Pemberdayaan Kemasyarakatan, pemerintah desa memberikan bantuan sarana dan prasarana keagamaan, serta bantuan operasional PKK, Karang Taruna, GSI, kader pemberdayaan masyarakat desa dan pembinaan pengelolaan Posyandu.

Dana desa yang dikelola dengan baik, mendukung pemberdayaan warga di Pulosari. Kemandirian warga pada akhirnya akan memampukan seluruh desa menjadi lebih sejahtera.

%d blogger menyukai ini: