Beragam prestasi dan inovasi telah diraih oleh Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas. Salah satunya, keberhasilan mereka mengembangkan objek wisata Curug Wanasuta atau populer dengan sebutan Curug Wansut. Pengembangan objek wisata ini merupakan gawe bareng antara Pemerintah Desa Dermaji, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Aji, dan Perhutani.

Pengembangan objek wisata Curug Wanasuta dimulai pada 2016. Pemerintah Desa Dermaji menyelenggarakan sarasehan membahas kelestarian lingkungan dan pengembangan objek wisata. Gagasan ini disambut antusias oleh masyarakat desa yang tergaung dalam LMDH Wana Aji dan Perhutani. Selanjutnya, pengembangan objek wisata dimulai dengan sistem kemitraan dan bagi hasil dengan Perhutani.

Hingga saat ini objek wisata Curug Wanasuta tidak pernah sepi pengunjung, terlebih di akhir pekan. Keunikan dari curug ini terdiri atas tiga tangga, atau orang Jawa menyebutnya undhak-undhak. Jadi, semakin Anda turun ke bawah semakin terlihat bagus pula guyuran airnya. Para wisatawan juga Anda dapat mandi di bawah derasnya air curug yang jernih.

Nama Inovasi Objek Wisata Curug Wanasuta
Pengelola Pemerintah Desa Dermaji dan LMDH Wana Aji
Alamat Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Penanggung jawab Bayu Setyo Nugroho (Kepala Desa Dermaji)
Kontak +62-811-2615-809
Website http://dermaji.desa.id

Curug Wanasuta berada dalam kawasan hutan pinus. Pohon-pohon yang tumbuh subur dengan ditemani kicauan burung membuat suasana sekitar lokasi terlihat begitu alami. Para pengunjung dapat merasakan semilir dedaunan sejuk dan membuat hati tenteram.

Fasilitas pendukung sudah cukup memadai, seperti warung makan, toilet, gazebo, tempat parkir yang luas, dan rumah pohon. Bagi Anda yang yang hobi banget swafoto (selfie) atau sekedar foto-foto di sini juga disediakan selfie deck yang terbuat dari kayu dan bambu. Dari selfie deck tersebut Anda bisa melihat pemandangan sekitar curug dengan jelas.

Bagi yang suka petualangan, Anda bisa menempuh jalur khusus ke Curug Wanasuta. Anda harus berjalan kaki melewati hutan pinus dengan jarak kurang lebih 1 km. Selain cukup jauh, perjalanan menuju ke sana harus melewati medan yang cukup terjal, namun di sepanjang perjalanan banyak terdapat akar-akar pohon yang dapat dijadikan pegangan.

Lokasi wisata Curug Wanasuta tidak sulit untuk diakses. Apabila dari Purwokerto Anda ambil arah Gumelar, di pertigaan Desa Paningkaban Anda ambil kiri arah Dermaji, Lumbir, lalu ikuti jalan sekitar 10 menit Anda akan sampai di loket wisata Curug Wanasuta. Untuk rutenya sendiri Curug Wanasuta hanya memiliki 1 rute jadi sangat memudahkan para wisatawan berkunjung. Dari parkiran Anda akan menyusuri jalan setapak menurun.

Lokawisata Curug Wanasuta merupakan contoh praktik inovasi Desa Dermaji dalam mengelola potensi wilayah secara kreatif. Selain memberi pemasukan secara ekonomi, pengelolaan Curug Wanasuta menjadi media untuk pembelajaran lingkungan hidup pada masyarakat. Amazing, desa terus bergerak mengatasi keterbatasan demi keterbatasan, sekaligus mengubah tantangan menjadi berkah baru bagi pembangunan dan pemberdayaan desa.