Balai desa tak sekadar ruang untuk pelayanan administrasi dan pemerintahan. Karang taruna Desa Wonorejo, Kecamatan Poncokromo, Kabupaten Malang berinovasi mengubah wajah balai desanya menjadi kedai kopi. Inovasi ini mengubah wajah balai desa yang “angker” menjadi ruang publik yang ramah dan bersahabat bagi warga.

Budaya ngopi di kalangan anak muda sudah menjamur dewasa ini, termasuk di kalangan pemuda Desa Wonorejo. Tidak adanya warung kopi atau kafe yang buka malam hari, membuat para pemuda selama ini melakukan aktivitas ngopi di luar Desa. Situasi itu melahirkan ide untuk mendirikan warung kopi di dalam desa.

Nama Inovasi CJ COFFE (Balai Desa Kafe)
Pengelola Karang Taruna Desa Wonorejo
Alamat Desa Wonorejo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Kontak Akmal
Telepon +62-852-5872-4709

Tak mau kalah dengan kedai kopi di perkotaan, Karang taruna Desa Wonorejo merancang kedai dengan tempat dan suasana yang kekinian, termasuk menjadikan kedai sebagai media pendidikan interpreneur desa. Akhirnya, berdirilah CJ Kafe di lokasi balai desa. CJ Kafe tercatat sebagai satu-satunya kafe di Indonesia yang bertempat di balai desa.

Tujuan dijadikannya balai desa sebagai tempat usaha kopi yakni untuk pemanfaatan area publik formal. Harapannya ada CJ kafe juga lebih tertanamnya rasa memiliki, rasa peduli, dan sikap keeratan hubungan antara kaum muda dengan nuansa ngopi bareng temen se-Desa.

Selain itu, manfaat lain adalah untuk memberdayakan potensi enterpreneurship yang dimiliki oleh karangtaruna sebagai sarana pembentukan sikap pribadi yang mandiri.

Adapun perencanaan CJ Kafe dimulai dari penggalian ide, kemudian penentuan jenis, tempat kegiatan, pelaporan kepala Desa, persetujuan dan realisasi kegiatan.

Anggaran dilakukan oleh pengelola cafe secara periodik dilaporkan ke anggota Karang Taruna dan Kepala Desa. Meski demikian masih ada kendala yang dihadapi yakni keterbatasan modal sehingga tambahan pendanaan dilakukan secara swadaya.

Diolah dari http://inovasidesamalangkab.com