Desa wisata Cibuntu terus berbenah untuk menarik kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Cibuntu adalah desa wisata terbaik urutan lima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay.

Desa Cibuntu merupakan sebuah desa berbasis wisata yang terletak di kaki Gunung Ciremai, tepatnya Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Desa ini terletak kurang lebih 20 Km dari pusat kota kuningan dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Cirebon.

Dsa wisata Cibuntu tepat berada di lereng gunung Ciremai, sehingga tak mengherankan, jika udara di desa ini sangat sejuk dan menyegarkan. Pemandangan luas berwarna hijau yang dipenuhi tanaman padi yang tengah menghijau dan tanaman hutan yang masih terjaga kelestariannya menjadi pemandangan khas di kawasan desa wisata ini. Ditambah dengan keramahan warga desa yang menyapa setiap tamu yang berkunjung.

Selain homestay, banyak sekali potensi yang ada di sana baik yang sudah berkembang ataupun yang sedang dikembangkan. Salah satu potensi yang sedang dikembangkan untuk menjadi daya tarik adalah potensi kerajinan gerabah. Potensi kerajinan gerabah sangat berpeluang menjadi objek wisata edukasi andalan di Cibuntu.

Wisata Edukasi adalah suatu perjalanan wisata yang memiliki nilai tambah edukasi, tidak sekedar berwisata, tetapi juga memiliki tujuan untuk menambah nilai-nilai edukasi atau pendidikan bagi seluruh peserta. Di Desa Cibuntu terdapat Saung Gerabah yang selama ini sudah menjadi tujuan wisata bagi pelajar-pelajar dari luar kota.

Wisata edukasi Gerabah sangat disukai oleh siswa-siswa sekolah yang melakukan wisata edukasi ke Cibuntu. Para siswa begitu antusias belajar membuat Gerabah di saung Gerabah desa wisata Cibuntu, apalagi mereka didampingi Tutor-Tutor yang siap untuk berbagi ilmu dengan mereka. Para siswa yang datang diajarkan membuat gerabah dari pengenalan dasar sampai pembuatan.

%d blogger menyukai ini: