Desa Rantau Keminting berada di Kecamatan Labuan Amas Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Desa ini telah membentuk BUMDes Ranting Mandiri yang diketuai Zulfaisal dengan Sekretaris Abdurrahim dan Bendahara Husnawati.

Selain unit usaha sewa gedung yang dikelola Rezky Hidayat, BUMDes Ranting Mandiri juga telah membentuk unit usaha VCO dan Abon Cabe dengan pengelola Salahuddin. Sedangkan Pambakal atau Kepala Desa Ma’wah Mawardi menjadi komisaris dalam struktur kepengurusan BUMDes.

Nama inovasi :   Pengolahan Virgin Coconut Oil (VCO)
Pengelola : BUMDes Ranting Mandiri
Lokasi/alamat : Desa Rantau Keminting Kecamatan Labuan Amas Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel )
Contact person : Zulfaisal (Ketua BUMDes)
Telepon/HP/email : 0852-5211-8838

Pengolahan kelapa menjadi VCO dilakukan oleh beberapa warga yang telah mendapat pelatihan dan pendampingan teknis, sedangkan BUMDes membantu pemasaran produk tersebut. Kegiatan ini dilatarbelakangi buah kelapa atau nyiur yang berlimpah di sekitar desa ini.

Dari setiap 15 butir kelapa, bisa dihasilkan 4 botol atau setara 1 liter VCO. Harga per butir kelapa sekitar Rp 3 ribu, sedangkan harga per botol VCO Rp 40 ribu.

VCO adalah minyak yang dihasilkan dengan proses pengolahan kelapa tanpa pemanasan dan tanpa bahan kimia sehingga minyak yang dihasilkan bening dan sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

Proses pengolahannya melalui 3 kali penyaringan dengan fermentasi di ruangan yang lembab Penyaringan pertama setelah 2 – 3 jam, penyaringan kedua setelah 7 – 8 jam dan terakhir penyaringan ketiga setelah 12 – 13 jam.

VCO BUMDes Ranting
Jumlah Nutrisi per 100 gr
Energi Total 862 kkl
Lemak jenuh 87 gr
Lemak tak jenuh ganda 1,8 gr
Lemak tak jenuh tunggal 6 gr
Kolesterol 0 gr
Natrium 0 gr
Karbohidrat 0 gr
Protein 0 gr
NETTO 250 ml, DINKES PIRT NO. 5136307020310-22

Dalam brosur, disebutkan ada 4 manfaat dan kandungan nutrisi dalam VCO. Pertama, mengandung asam laut yang baik untuk ibu menyusui. Kedua, high density lipoprotein yang mampu menekan dan menurunkan perkembangan kolesterol.

Ketiga, stamina booster yang mampu meningkatkan stamina hingga tidak mudah lelah. Keempat, zat anti bakteri yang ada di dalam VCO dapat membantu melawan berbagai penyakit.

Selain bisa diminum untuk kesehatan tubuh, VCO ini juga bisa menjadi bahan campuran kosmetik, menurunkan kolesterol, mengobati gatal-gatal, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Usaha VCO ini masih tahap rintisan. Produksi VCO sudah berjalan 3 kali, masing-masing menghasilkan 8 liter, 9,5 liter dan 10 liter VCO.

Operasional sehari-hari BUMDes Ranting Mandiri masih mengandalkan pendapatan dari unit usaha sewa gedung yang berada tepat di belakang Kantor Desa Rantau Keminting. BUMDes memungut uang sewa Rp 10 ribu dari setiap warga yang bermain bulu tangkis di sana.

Pihak pengelola juga menyediakan bola bulutangkis (kok) bagi yang memerlukannya, dijual dengan harga Rp 10 ribu per kok. Dalam waktu dekat juga akan dibentuk unit usaha pembuatan tusuk sate.

Bagi yang ingin membeli VCO dan tusuk sate produksi BUMDes Ranting Mandiri, bisa langsung berhubungan dengan Zulfaisal selaku ketuanya.

%d blogger menyukai ini: