Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mandiri Desa Bojonggenteng mulai dirasakan oleh masyarakat. BUMDes Mandiri memiliki sejumlah unit bisnis, seperti unit usaha keuangan dan unit usaha perdagangan dan persewaan (trading and renting). Pada unit usaha terakhir, BUMDes Mandiri menandatangani kontrak bisnis sebagai produsen jersey dan t-shirt dengan RMJ27-Abdullah Butet.

Unit Usaha Keuangan (financial bussines), BUMDes Mandiri mengembangkan layanan simpan pinjam dan jasa keuangan mikro. Unit ini sudah cukup mapan karena mampu memberikan akses pemodalan pada warga Desa Bojonggenteng secara baik. Layanan finansial inklusif itu mampu melindungi warga desa dari jerat rentenir dan tengkulak.

Nama Inovasi Jersey dan T-Shirt RMJ27
Pengelola BUMDes Desa Bojonggenteng
Alamat Desa Bojonggenteng, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Kontak Milmas (Direktur BUMDes Desa Bojonggenteng)
Telepon +62-857-2114-6595

Dalam Usaha Trading dan Renting, BUMDes Mandiri mengusung bendera Bummi Centre yang sudah memiliki kantor layanan di kawasan strategis, yaitu Jalan Raya Cikaso Km. 01 Desa Bojonggenteng, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi.

Unit usaha ini diluncurkan pada November 2017 dengan aktivitas dagang menjual Alat Tulis Kantor (ATK), Jasa Fotokopi, dan Laminating. Adapun di bidang jasa sewa, Bummi Centre telah menyediakan penyewaa mesin molen untuk mempermudah warga yang memiliki pekerjaan konstruksi bangunan.

Kini, Bummi Centre juga melakukan penjualan produk Jersey dan T-Shirt dengan mengikat kontrak kerjasama dengan manajemen RMJ27 dengan Brand Ambasador Abdullah Butet.

Eksistensi manajemen RMJ27 dan Abdullah Butet sudah tidak diragukan lagi dalam lintasan Grasstrack. Mereka memiliki segudang prestasi tingkat lokal, lintas kabupaten, bahkan provinsi.

Sirkuit Tegal Laja Surade-Sukabumi menjadi saksi kepiawaian Abdullah Butet dalam mengendarai kuda besi. Pembalap dengan nomor 27 ini mampu menaklukan beragam rintangan sepanjang lintasan.

Di balik sukses Abdullah Butet ada peran manajemen RMJ27 yang selalu memberi dukungan kondisi motor terbaik. Alhasil, semua kelas yang dia ikuti mampu dituntaskan dengan maksimal dan keluar sebagai juara.

Tak heran, jumlah fans mereka cukup banyak, baik dari kalangan anak-anak, remaja, maupun dewasa. Mulai 2018, Bummi Centre akan menjadi produsen resmi dari semua jenis produk jersey dan t-shirt dari RMJ27 dan Abdullah Butet.

Bila Anda penggemar RMJ27-Abdullah Butet bisa mendapatkan jersey dan t-shirt yang asli made in Desa Bojonggenteng di gerai BUMDes Mandiri.

Praktik kerjasama BUMDes Mandiri dengan RMJ27-Abdullah Butet untuk memproduksi jersey dan t-shirt merupakan praktik inovasi desa yang mampu menggerakkan unit bisnis di desa. Praktik kerjasama ini dapat ditiru oleh desa-desa lain untuk menggairahkan perekonomian di dunia perdesaan.