Selama ini, pengelolaan usaha desa banyak berorientasi pada keuntungan ekonomi, tanpa memikirkan aspek pembelajaran dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). Padahal, jika kesemua aspek orientasi tersebut digabungkan akan memberikan manfaat yang lebih luas. Beberapa manfaat yang ada ialah mengurangi risiko dari dampak pemanfaatan sumberdaya alam yang kurang bertanggung jawab, kerusakan lingkungan hidup hingga urbanisasi secara besar-besaran.

Sebagaimana himbauan pemerintah, strategi utama untuk membangun ekonomi dan SDM secara beriringan dan terintegrasi adalah dengan mendirikan BUMDes. Pembentukan BUMDes dinilai sangat strategis karena desa memiliki modal sosial (social capital) yang kuat. Hal tersebut tidak terlepas dari karakteristik desa yang memiliki beragam ikatan sosial dan solidaritas sosial sebagai penyangga kehidupan bersama.

Nama Inovasi BUMDes Maju Jaya
Pengelola BUMDes Maju Jaya Desa Gampingan
Alamat Desa Gampingan, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Kontak Qutfiyah
Telepon +62-812-3336-7004

Hal tersebut diamini dengan baik oleh Pemerintah Desa Gampingan, Kecamatan Pagak, dengan pembentukan BUMDes bernama “BUMDes MAJU JAYA”. Dari BUMDes ini diharapkan akan tercipta peningkatan ekonomi desa dan ruang untuk mengintegrasikan setiap kegiatan di desa.

Meski tergolong baru, dampak dari keberadaan BUMDes MAJU JAYA dapat dilihat dari beberapa beberapa unit usaha dan kegiatan meliputi kampung tematik toga, rumah edukasi lingkungan, Wisata Panjat Tebing Lembah Kera, Wisata Kuliner Mahoni Depok, budidaya ikan, kelompok tani wanita dan kelompok wanita kreatif. Hingga kini, unit-unit usaha tersebut terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan. (NZR)