Satu di antara desa lainnya yang telah mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yaitu Desa Pemangkat Kota. Dengan nama “Maju Bersama” yang didirikan pada tanggal 15 April 2017 lalu. Pada 2019, keuntungan bersih BUMDes Pemangkat Kota sudah mencapai 14 juta dan memiliki 11 orang karyawan.

Desa Pemangkat Kota merupakan salah satu desa di Kecamatan Sempuruk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Unit usaha Bumdes Maju Bersama adalah jasa perbengkelan las, pembuatan kursi plastik, hingga penyewaan gerobak jualan. Keberadaan Bumdes sangat berpengaruh terhadap roda perekonomian masyarakat di sekitar.

Nama Inovasi BUMDes Maju Bersama
Pengelola Pemerintah Desa Pemangkat Kota
Alamat Desa Pemangkat Kota, Kecamatan Sempuruk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat
Nama Inovasi Kasful Anwar (Kepala Desa Pemangkat Kota)

Berkat BUMDes, saat ini masyarakat desa yang tidak bekerja, mereka mendapatkan pekerjaan. Ada karyawan harian, ada karyawan yang dibayar dengan model borongan. Masyarakat Pemangkat Kota terbantu dengan keberadaan BUMDes.

Sejak didirikan nilai keuntungan BUMDes selalu meningkat dari tahun ke tahun. Warga yang tidak memiliki pekerjaan mendapat kesempatan bekerja dengan menyewa gerobak di BUMDes. Ada gerobak sewaan mampu mengurang beban modal usaha bagi wirausaha desa pemula. Singkatnya, keberadaan BUMDes sedikit demi sedikit mengurangi pengangguran.

%d blogger menyukai ini: