Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Mukti Desa Penyarang terus mengembangkan unit bisnis untuk menggerakkan roda perekonomian di desa. Mereka memiliki unit bisnis yang mengelola pasar desa, wisata view Bukit Julangadeg, wisata Nirwana Penyarang Land, dan Sirkuit Desa. Kini, mereka berinovasi untuk mengembangkan usaha jasa sewa tenda (tratag) dan perlengkapan pesta.

Desa Penyarang terletak di Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Pengembangan unit bisnis ini sangat membantu masyarakat, terutama mereka yang akan menyelenggarakan pesta, baik pesta perkawinan, sunatan, maupun pertemuan keluarga. Selama ini, masyarakat Desa Penyarang menyewa perlengkapan tenda dari desa sebelah karena di desa ini belum ada unit bisnis yang memiliki layanan itu.

Nama Inovasi Unit Usaha Persewaan Tenda Pesta
Pengelola BUMDes Karya Mukti Desa Penyarang
Alamat Desa Penyarang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Kontak Sardi (Direktur BUMDes Karya Mukti)
Telepon +62-813-2756-8463

Keberadaan unit bisnis persewaan tenda ini disambut antusias oleh masyarakat. Prosedur sewanya sangat gampang, masyarakat yang akan menyewa cukup datang ke kantor BUMDes Karya Mukti yang terletak tak jauh dari kantor Desa Penyarang. Kelengkapan peralatan cukup lengkap dan biaya sewa yang dibebankan pada masyarakat sangat terjangkau. Tak heran, unit bisnis ini cepat menjadi primadona di masyarakat.

Untuk meningkatkan angka kepuasan konsumen, BUMDes Karya Mukti terus melengkapi perlengkapan tenda sesuai dengan kebutuhan pesta. Pengadaan meja kursi lengkap dengan aksesorisnya terus dilakukan. BUMDes Karya Mukti menargetkan pada 2018 bisa berkontribusi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Berkat kerja keras para pengurus, pada 2017 BUMDes Karya Mukti mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Dana itu dipergunakan untuk penambahan modal dan pengembangan usaha BUMDes.

Narto, Pendamping Desa Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap