Banyak perubahan pada UPK (Unit Pengelola Kegiatan) setelah lahirnya Undang-Undang Desa. Di Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, UPK Pamarican bermetamorfosis menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesa Bersama). Pengelolaan BUMDes bersama dilakukan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) yang dibentuk melalui Peraturan Bersama Kepala Desa.

BUM Desa Bersama merupakan inovasi desa-desa di Kecamatan Pamarican. BKAD Kecamatan Pamarican mengelola sejumlah unit bisnis. Ada Unit Simpan Pinjam sebagai transformasi dari UPK, ada juga Unit Usaha Bersama Perdagangan bernama Desa Mart Geger Bentang. Gerai Desa Mart dibangun di pusat kota Kecamatan Pamarican.

Nama Inovasi BUMDes Bersama Geger Bentang Pamarican
Pengelola Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Pamarican
Alamat Desa Pamarican, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat
Kontak Person Solehudin (Ketua BKAD Pamarican)
Telepon +62-813-2309-5430

Selain urusan perdagangan Desa Mart juga mengelola usaha pengemasan (packaging) produk kelompok-kelompok UPK. Pengemasan produk kelompok bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk unggulan desa-desa di Pamarican menjadi lebih kompetitif.

Unit pengemasan produk diselenggarakan karena sebagian besar produk kelompok dikemas ala kadarnya. Padahal pengemasan bagian dari pembungkusan produk dengan tujuan agar produk tidak mudah rusak dan memiliki nilai sensoris yang baik. Berkat pengemasan yang baik, kini ada 12 jenis produk yang cukup lahir di pasaran. Ada gula semut, kripik salak, dan sale aroma.

Salah satu layanan pengemasan di Desa Mart Geger Bentang adalah pengemasan dengan udara termodifikasi. Penyimpanan dengan udara termodifikasi merupakan pembaruan yang paling penting dalam penyimpanan produk olahan kelompok seperti kripik, gula kristal, dan lainnya sehingga udara yang mengelilingi produk sebagai atmosfer terkontrol di mana keadaan gas terus-menerus dikendalikan dan disesuaikan pada konsentrasi yang optimal.

Resep sukses unit perdagangan di BUMDes Bersama Geger bentang ada tiga, yaitu menjual kebutuhan masyarakat seperti sembako serta kebutuhan rumah tangga lainnya, mempromosikan produk-produk kelompok, dan wadah belajar bisnis kelompok-kelompok di desa.

Berkat gagasan ini, BKAD Pamarican mendapatkan dukungan dan pujian dari Direktorat Pengembangan Ekonomi Kawasan, Direktorat Jendral Pembangunan Kawasan Perdesaan, Kementerian Desa, PDT dan Transimigrasi.