Bumdes Sendang Pinilih sukses mengelola sejumlah objek wisata di Desa Sendang menjadi destinasi wisata Kabupaten Wonogiri. Ada lokawisata Watu Cenik, Puncak Joglo, dan Soko Gunung. Pada 2018, Watu Cenik mampu menjadi objek wisata paling populer di Kabupaten Wonogiri.

Desa Sendang terletak di Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Desa Sendang berada di ketinggian 780 mdpl. Dari ketinggian tersebut, para wisatawan dapat menyaksikan Kota Wonogiri yang cukup luas dan pesona perairan Waduk Gajah Mungkur.

Nama Inovasi Desa Wisata Sendang
Pengelola BUM Desa Sendang Pinilih
Alamat Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
Kontak Sukamto (Direktur BUM Desa Sendang Pinilih
Telepon +62-813-2719-1112
Website http://sendangpinilih.com

Daerah Watu Cenik telah mengalami perkembangan pesat, pengelola menambah fasilitas gasebo agar para pengunjung dapat bersantai ria. Selain itu, ada wahana spot selfie balon udara. Layanan itu menambah daya tarik para wisatawan yang gemar berfoto, baik swafoto maupun foto bersama keluarga teman dan saudara.

Dari Watu Cenik, wisatawan dapat menyaksikan indahnya waduk Gajah Mungkur yang merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Wonogiri. Di area spot balon udara, BUMDes Sendang Pinilih menyediakan fasilitas free wifi sehingga memudahkan para wisatawan untuk mengunggah foto maupun konten ke internet.

destinasi wisata desa sendang wonogiri

Pengalaman sukses mengelola Watu Cenik menambah semangat BUMDes Sendang Pinilih untuk mengembangkan objek wisata Puncak Joglo maupun Soko Gunung. Mereka berinovasi untuk mengembangkan wisata dirgantara dengan fasilitas paralayang dan wisata alam menara pandang Soko Gunung.

Di Puncak Joglo, para penggemar olahraga paralayang (gantole) dapat terbang menikmati keindahan Kabupaten Wonogiri dan keindahan perairan waduk gajah munggkur. Bagi para pemula tentu tidak diperbolehkan terbang sendiri, BUMDes Sendang Pinilih menyediakan fasilitas terbang tandem. Mereka terbang bersama para pilot yang sudah profesional dan bersertifikat dengan membayar tiket Rp 400.000,- hingga Rp 500.000,-.

Sementara itu, objek wisata Soko Gunung menyediakan menara pandang yang terbuat dari bambu-bambu yang disusun dengan apik. Menara Pandang Sokogunung merupakan salah satu sport selfie terindah di Kabupaten Wonogiri. Dari atas menara pandang, kita dapat melihat lembah yang begitu rindang dan hijau dengan sejuta view yang sangat menarik.

Wisatawan yang menyukai wisata saujana disarankan datang pada sore hari untuk melihat panorama tenggelamnya matahari (sun set). Langit akan berwarna kuning jingga, sinar matahari sangat memanjakan para fotografer yang ingin merekam keindahan senja.