Desa Petekeyan membentuk kelompok teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) desa. Kelompok ini berisikan para pemuda desa yang melek TIK untuk membantuk layanan keterbukaan informasi desa dan membranding potensi dan produk unggulan desa.

Desa Petekeyan merupakan salah satu desa di Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pembentukan kelompok TIK desa dilakukan dalam rapat koordinasi antara pemerintah desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Kelompok TIK desa beranggotakan 10 orang yang bekerja secara sukarela.

Selama ini, Desa Petekeyan sudah memiliki website desa namun layanan itu belum dikelola secara maksimal karena keterbatasan sumber daya manusia di pemerintah desa. Dengan terbentuknya Kelompok TIK desa, Pemerintah Desa Petekeyan berharap website desa dapat dikelola dengan baik.

Kelompok TIK desa menghimpun para pemuda dengan keahlian di bidang komputer, seperti videografi, desain grafis, desain web, jurnalistik, dan broadcasting.

Target awal kerja Kelompok TIK adalah penyusunan dan pembuatan profil desa. Para pemuda ingin Desa Petekeyan mampu menerapkan keterbukaan informasi publik. Desa mampu menyajikan data potensi, kependudukan, dan pelayanan publik secara terintegrasi.

Desa Petekeyan juga merupakan kampung sembada ukir yang sudah dikenal luas, baik dalam maupun luar Kabupaten Jepara. Pemerintah desa berharap produk-produk ukir yang menjadi unggulan desa dapat disebarluaskan melalui website desa maupun media sosial.

Selain membuka pasar bagi pelaku ekonomi di desa, para pemuda juga ingin mengembangkan paket wisata desa. Ada atraksi ukir dan inovasi pertanian. Dalam Kelompok TIK Desa ada kelompok musik yang bisa pementasan musik tradisional.

%d blogger menyukai ini: