Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumades) Panca Mandala membangun Pusat Pelatihan Teknologi Informasi (IT Center) untuk mendukung pembangunan kawasan perdesaan. IT Center menjadi laboratorium yang mencetak para pandu desa yang memiliki kompetensi di bidang teknologi informasi dan komunikasi di wilayah perdesaan.

Bumades Panca Mandala didirikan lima desa di Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Desa-desa pendiri meliputi Desa Mandalamekar, Mandalahurip, Kertarahayu, Ciwarak, dan Papayan. Kelima desa itu berada dalam satu kawasan perbukitan di bagian selatan Kabupaten Tasikmalaya.

Nama Inovasi Pusat Pelatihan Teknologi Informasi (IT Center)
Pengelola Bumades Panca Mandala
Alamat Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat
Kontak Irman Meilandi(Koordinator Bumades Panca Mandala)
Telepon +62-823-1000-8413

Bumades Panca Mandala merupakan salah satu badan usaha yang dirikan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Panca Mandala. BKAD memfasilitasi kerjasama antardesa meliputi (1) tata kelola pembangunan desa dan kawasan perdesaan, (2) pengembangan sumber daya manusia, (3) pengelolaan sumber daya alam, (3) pengembangan ekonomi lokal, (4) pengelolaan sistem informasi desa dan kawasan, dan (5) kerjasama dengan pihak ketiga.

Pendirian IT Center mendapat dukungan dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Subdit Kerjasama dan Kemitraan Masyarakat Desa (KKMD), Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Untuk pengembangan IT Center, BKAD Panca Mandala membangun kemitraan dengan perusahaan ISP untuk mendukung konektivitas internet di perdesaan. Pemanfaatan teknologi informasi di perdesaaan diharapkan mampu menjembatani pemerataan kesenjangan ekonomi masyarakat.

Konektivitas akses internet membuat daerahnya jadi percontohan wilayah lain. Selain itu, penyediaan akses internet menjadi salah satu sumber penghasilan karena munculnya teknologi informasi dan komunikasi. Internet merupakan syarat akses pemasaran produk yang sudah ada di desa.

%d blogger menyukai ini: