Kabupaten Banyuwangi terus berbenah. Pemerintah kabupaten mengajak pemerintah desa untuk mengeksplorasi potensi-potensi unggulan desanya melalui lomba video kreatif. Hasilnya, banyak potensi desa bermunculan.

Hal itu memberikan nilai positif bagi masyarakat desa. Masyarakat desa mulai mengenal potensi wilayahnya secara mendalam, termasuk mengolahnya menjadi produk unggulan baru. Lomba video kreatif menjadi strategi yang tepat untuk menggali, mengidentifikasi, dan mengarahkan potensi desa menjadi protensi yang produktif dan profitable bagi masyarakat.

Dengan anugrah kekayaan alam yang sangat indah, Banyuwangi memiliki banyak potensi, seperti potensi wisata pantai, wisata hutan, wisata gunung, dan juga wisata budaya. Hal ini tentu memerlukan managerial pengolahan yang lebih baik, yang diharapkan berefek langsung pada peningkatan taraf hidup masyarakat Banyuwangi.

Potensi-potensi yang perlu peningkatan misalnya seperti:

Wisata Embung dan Sejarah Rowobayu

Wisata Budaya Desa Kemiren

Wisata Wana Alas Purwo

Untuk melihat potensi desa yang ada di Banyuwangi sekarang tidaklah sulit, ketik “nama desa + banyuwangi” pada youtube, maka akan secara langsung sudah bisa dilihat potensi yang ada di desa tersebut.

Pencarian |Desa Tampo Banyuwangi pada youtube

Tentu potensi hanya sekedar potensi jika kita tidak bisa mengolahnya, diharapkan dengan adanya program PID ( Program Inovasi Desa) ini akan bisa mewujudkan keinginan masyarakat Banyuwangi untuk lebih maju dan berkembang sampai menjadi banyuwangi yang mandiri.

Rhanu Osengdeles, Pendamping Ahli Kabupaten Banyuwangi

%d blogger menyukai ini: