Bank Rezeki PKK terletak di Desa Palasarigirang, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi. Bank ini dipelopori sekaligus dikelola oleh para kader penggerak PKK desa setempat. Pendirian bank bertujuan membudayakan hidup bersih, menjaga lingkungan hidup, peningkatan ekonomi keluarga, dan bantuan keuangan untuk proses persalinan warga perempuan yang hamil.

Bank Rezeki PKK mendorong warga untuk mengelola sampah dengan tabungan sampah. Pengumpulan sampah dilakukan oleh para perempuan hamil dan ibu rumah tangga. Mereka mengantarkan sampah kategori daur ulang ke pos penampungan di depan kantor desa. Sampah langsung ditimbang oleh petugas dari PKK Desa Palasarigirang dan selanjutnya dicatat dalam buku tabungan.

Nama Inovasi Bank Rezeki PKK
Pengelola PKK Desa Palasari Girang
Penanggung jawab Nuryamah (Ketua PKK Desa Palasarigirang) | Ujang Makmun (Kepala Desa Palasarigirang)
Alamat Desa Palasarigirang, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Telepon +62-856-9206-2240 | +62 858-6069-5947
Website http://palasarigirang.desa.id

Bank Rezeki PKK berkembang cepat berkat dukungan para kader PKK dan Pemerintahan Desa. Mereka memahami pentingnya menjaga lingkungan, sekaligus membantu ibu-ibu hamil dalam persiapan persalinan. Bila sampah tidak dikelola dengan baik akan menjadi permasalahan lingkungan yang serius.

Setelah Bank Rezeki PKK sudah berjalan satu tahun, pengembangan bank sampah mendapat dukungan dari Pemerintah Desa Palasarigirang. Lewat anggaran desa 2017, Pemdes menyediakan tempat penampungan sementara dan kedaraan motor roda tiga untuk mengangkut sampah-sampah di pos pengumpulan, yaitu Posyandu dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Mimpi Bank Rezeki PKK adalah meningkatkan derajat kesehatan dam kesejahteraan keluarga. Lewat tabungan sampah, warga Desa Palasari Girang mengubah masalah menjadi berkah.