Kepedulian masyarakat dan Pemerintah Desa Sumberjo, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur terhadap pendidikan usia dini bisa dibilang sangat tinggi. Buktinya, sebagian Dana Desa dipergunakan untuk membangun gedung PAUD/TK Pertiwi.

Tahap I pembangunannya dilakukan dengan menggunakan Dana Desa tahun 2016, yang akan dilanjutkan dengan pembangunan tahap II dengan menggunakan Dana Desa tahun 2017.

Saat ini pembelajaran di PAUD/TK Pertiwi masih menggunakan fasilitas kantor desa. Hal ini kurang kondusif untuk penyelenggaraan pembelajaran yang bermutu. Lalu, Pemerintah Desa Sumberjo mengalokasikan Dana Desa untuk membangun gedung PAUD/TK dari Dana Desa.

Keberadaan gedung baru PAUD/ TK Pertiwi ini diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat Desa Sumberjo terhadap pendidikan yang berkualitas. Dengan fasilitas gedung milik desa, tentunya biaya penyelenggaraan pendidikan akan dapat ditekan.

Pemerintah Desa Sumberjo tengah menggodog rencana untuk rencana menggratiskan biaya pendidikan anak Desa Sumberjo yang bersekolah di PAUD/TK Pertiwi.

Pemanfaatan Dana Desa yang digunakan untuk Pembangunan PAUD sudah sesuai dengan amanat Undang-Undang Desa. Gedung PAUD/TK yang sedang dibangun ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya warga miskin.

%d blogger menyukai ini: