Pulau Lombok itu surga bagi pecinta wisata alam. Bila Anda menjelajahi jengkal demi jengkal pulau ini, destinasi wisata alam tak ada habis-habisnya. Selalu ada tempat wisata yang baru yang dapat menjadi tujuan rencana wisata selanjutnya. Salah satunya adalah wisata alam Tibu Tereng dan Air Terjun Kelambun.

Lokawisata Tibu Tereng terletak di Dusun Batu Kemali, Desa Bukittinggi, Gunungsari, Lombok Barat. Nama Tibu Tereng karena lokasi wisata berupa kolam yang dikelilingi pohon bambu. Sementara Kelambun, tak banyak pihak yang mengetahui asal-muasalnya secara pasti. Keduanya menjadi destinasi wisata yang sudah populer para wisatawan lokal.

Nama Inovasi Lokawisata Air Terjun Tubu Tereng
Nama Inovasi Pemerintah Desa Bukit Tinggi
Alamat Dusun Batu Kemali, Desa Bukittinggi, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Kontak Muhammad Fakhrurrozi
Telepon +62-852-3916-5754
Website http://bukittinggi-lombokbarat.desa.id

Untuk mengembangkan lokasi ini menjadi lokawisata yang keren, pada awal 2017, Pemerintah Desa Bukit Tinggi membangun fasilitas pendukung, berupa tempat parkir dan berugak. Pengelolaan wisata dilakukan kelompok masyarakat yang bertanggung jawab ke desa. Tempat wisata ini, biasanya ramai pada hari Minggu atau saat hari libur.

Pengunjung bisa menelusuri jalan setapak yang sudah bagus untuk mencapai kedua tempat wisata ini. Jika kita berbelok ke kiri, maka kita akan mencapai Tibu Tereng dan belok kanan akan sampai ke Air Terjun Kelambun.

Tibu Tereng ini sendiri berupa kolam yang berada di aliran sungai yang cukup deras. Kolamnya sendiri cukup dalam tetapi cocok untuk berenang ataupun hanya sekedar untuk berfoto ria.

Sedangkan wisata air terjun Kelambun sendiri bisa disusuri dari Tibu Tereng ini dengan mengikuti aliran sungai. Jalan menuju air terjun ini menyusuri kebun dan kita harus menuruni tangga yang terbuat dari kayu untuk mencapai air terjun ini.

Air terjun Kelambun sendiri tidak terlalu tinggi, hanya memiliki tinggi 3-4 meter dengan adanya kolam di bawahnya yang cocok dijadikan sebagai tempat berenang.

Tempat wisata alam ini berada cukup dekat dengan pusat kota Mataram. Jika dari Mataram, maka bisa belok kiri dari Pasar Sayang-sayang dari arah Rembiga, kemudian tinggal mengikuti petunjuk jalan saja.

Kondisi jalan sudah diaspal dan nyaman dilewati, tapi setelah memasuki kawasan Desa Bukittinggi jalannya mulai berubah. Di mana jalannya berupa tanah dan jurang. Namun jangan khawatir, berwisata di tempat ini, tersedia warung yang menjual berbagai jajanan dan buah-buahan dari kebun warga.