Air Terjun Saruksuhan terletak di Desa Sibargot. Desa Sibargot terletak di sebelah selatan Kecamatan Bilah Hulu. Luasnya 293,23 km persegi, berjarak sekitar 30 kilometer dari Rantauprapat, ibu kota Kabupaten Labuhanbatu. Pemerintah Desa Sibargot tengah mengembangkan kawasan Air Terjun Saruksuhan sebagai destinasi wisata desa paling terkemuka di Kabupaten Labuhan Batu.

Desa yang termasuk berbatasan langsung dengan Kecamatan Kota Pinang dan Kecamatan Silang Kitang Kabupaten Labuhan Batu Selatan itu perekonomiannya ditopang dengan penghasilan dari petani sawit dan karet.

Untuk menuju Air Terjun Saruksuhan, para wisatawan dari luar Desa Sibargot, khususnya wisatawan dari ibukota Labuhan Batu, akan menghabiskan waktu dua jam dari Kota Rantau Prapat. Para wisatawan harus menyiapkan angkutan pribadi, seperti mobil dan sepeda motor, dikarenakan belum adanya moda transportasi umum yang melewati Desa Sibargot ini.

Khusus pencinta penjelajah alam, lokasi wisata ini juga menyediakan sepeda motor, khusus sejenis trail dan lintasan trail yang membelah hutan masyarakat dengan penuh tantangan yang tergolong sulit dan terjal, dengan bebatuan cadas karena desa ini masuk dalam daerah kawasan Bukit Barisan.

Khusus para penyuka swafoto, wisata ini menyediakan lokasi lokasi swafoto berlatar situs prasejarah, berupa situs candi yang hilang pada ribuan tahun lalu, seperti Lobang Neraka, Tapak Kaki Raksasa, Lembah Pemandian Permaisuri, dan Lembah Pemandian Raja.

Tertarik kan, ayo berlibur ke desa!

%d blogger menyukai ini: