Pekan ini, para Perangkat Desa Kalipucang terlihat sumringah. Tak seperti biasanya, setiap ruas jalan desa dihiasi umbul-umbul, aneka ornamen, dan baliho. Ya, Pemerintah Desa Kalipucang tengah punya hajat besar, yaitu Agrofest, sebuah festival budaya dan wisata. Festival berlangsung selama tiga hari, 23-25 Maret 2018. Beragam kegiatan ditawarkan pada pengunjung, ada gelar budaya desa, seminar wisata desa, kelas inovasi desa wisata, pameran produk unggulan desa, jelajah wisata desa, dan beragam keseruan lainnya.

Desa Kalipucang terletak di Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Desa Kalipucang berada di dataran tinggi yang indah di kaki Gunung Bromo. Tak berlebihan, Desa Kalipucang memiliki segudang potensi unggulan desa, seperti budaya, wisata, paket tracking Bromo, dan agrobisnis. Desa Kalipucang juga memiliki sejumlah destinasi wisata menarik, ada kampung susu, air terjun Tujuh Sumber Telogo, air terjun Sumber Nyonya, dan budidaya kopi tumang.

Nama Inovasi Agrofest, Festival Budaya dan Wisata
Pengelola Pemerintah Desa Kalipucang
Alamat Desa Kalipucang, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur
Kontak Haryono (Kepala Desa Kalipucang)
Telepon +62-821-4028-6444

Tema Agrofest cukup ambisius, yaitu Wisata Desa Mendunia. Namun, tema lahir bukan tanpa dasar. Sektor wisata desa sudah mampu bertengker di level atas dalam bisnis pariwisata. Desa Kalipucang sendiri mampu mengembangkan destinasi wisata yang menarik wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung.

Selain potensi agrobisnis, kualitas seni pertunjukan Desa Kalipucang sudah mulai menunjukkan taringnya. Ada pencak silat, ojung, tari remo, dan rampak kentongan. Pencak silat adalah seni bela diri asli di Indonesia yang dikemas dalam seni gerak yang indah. Ojung menunjukkan kemampuan seseorang bertarung menggunakan rotan, ojung dianggap pertunjukan sakral bagi petani karena dipercaya menjadi ritual memanggil hujan. Tari remo menjadi seni pertunjukkan penyambutan tamu yang sudah ada sejak tahun 1.700-an.

kegiatan agrofest desa kalipucang pasuruan

Untuk menggelar Agrofest, Pemerintah Kalipucang menggandeng Komunitas Averroes. Komunitas Averroes merupakan lembaga swadaya masyarakat yang berlokasi di Kota Malang. Ajakan Pemerintah Desa Kalipucang untuk menggelar Agrofest disambut baik, terlebih Averroes tengah mengembangkan Program Agrobisnis dan Desa Inovatif (PADI).

Untuk mendukung penyelenggaraan Agrofest, mereka mengajak banyak pihak sebagai pendukung acara. Ada Media Warta Bromo, Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Komunitas Bloger, Komunitas Pecinta Kopi, dan Program Sampoerna untuk Indonesia. Banyaknya pihak yang terlibat dalam Agrofest membuat pelaksanaan festival semakin mudah, baik panggung pertunjukkan, kelas inovasi, jelajah desa, maupun publikasi kegiatan.

Agrofest mampu menyedot ribuan wisatawan datang ke Desa Kalipucang. Festival ini menjadi strategi kreatif bagi desa untuk menggali potensi dan mempromosikan produk unggulan desa. Kerjakeras penyelenggara Agrofest terbayar sudah, Agrofest Desa Kalipucang ditetapkan sebagai agenda tahunan pariwisata Kabupaten Pasuruan.

Salut, langkah Desa Kalipucang seharusnya memotivasi desa-desa lain untuk menerapkan model dan inovasi yang sama, Desa Wisata.